Blog

BAGIKAN

Apa itu Digital Marketing? Pelajari Selengkapnya Di Sini!

DIGITAL MARKETING

Kamu mungkin sering melihat iklan suatu produk dari televisi dan koran, atau bahkan penawaran langsung datang ke rumahmu? Mereka semua merupakan beberapa contoh dari marketing.

Marketing atau pemasaran merupakan kegiatan yang tidak asing untuk bisnis. Marketing merupakan upaya untuk mengenalkan suatu produk atau layanan kepada pelanggan. Upaya tersebut berguna tidak hanya untuk meningkatkan penjualan namun juga berguna untuk pertumbuhan bisnis jangka panjang.

Contoh-contoh marketing sebelumnya, merupakan contoh marketing yang telah lama digunakan. Namun di era saat ini nampaknya cara pemasaran tersebut telah ketinggalan zaman dan kurang efektif dibandingkan dengan cara pemasaran yang akan kita bahas saat ini, yup! Digital marketing.

Pada artikel ini, IDS akan membantu kamu untuk memahami apa itu digital marketing dan bagaimana cara menerapkannya ke dalam bisnis yang kamu miliki. Tahan rasa penasaran kamu dengan mulai memahami pengertian digital marketing terlebih dahulu.

Apa Itu Digital Marketing?

Jika diterjemahkan langsung ke dalam bahasa Indonesia, digital marketing berarti pemasaran digital. Namun apa pula itu pemasaran digital?

Sederhananya, digital marketing atau pemasaran digital merupakan kegiatan pemasaran secara digital dengan memanfaatkan jaringan internet.

Digital marketing meliputi proses dalam pemasaran seperti perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi, dan distribusi (Kleindl dan Burrow, 2005).

Saat ini, menerapkan pemasaran digital ke dalam strategi pemasaran bisnis merupakan sebuah keharusan.  Ada beberapa manfaat dari pemasaran digital yang tidak akan kamu temukan dalam bentuk pemasaran lainnya. Berikut adalah manfaatpemasaran digital:

  • Biaya yang lebih murah dengan hasil yang efektif
  • Dapat menjangkau hampir semua pasar
  • Memungkinkan target konsumen yang lebih spesifik
  • Efektivitas pemasaran digital mudah diukur
  • Dapat disesuaikan dengan jenis bisnis apapun

Sekarang kamu sudah paham mengenai apa itu digital marketing dan alasan penting untuk menerapkan digital marketing  ke dalam strategi bisnis kamu. Lantas, bagaimana kamu dapat menerapkan digital marketing ini? Dari mana kamu harus memulainya?

DIGITAL MARKETING

Langkah-langkah untuk Memulai Digital Marketing

  1. Definisikan dan Tentukan Profil Target Konsumen

Langkah penting pertama untuk memulai digital marketing untuk bisnis kamu adalah dengan mengetahui siapa yang ingin kamu targetkan untuk menjadi konsumen produk atau layanan kamu. Kenali mereka dari jenis kelamin, umur, pekerjaan, pendapatan, demografi, hingga karakteristik ataupun kebiasaan mereka.

Dengan konsumen yang telah ditentukan dengan jelas, kamu akan dengan mudah melaksanakan langkah penting lain, yakni menentukan channel digital yang akan kamu gunakan nanti, supaya kamu mendapatkan hasil yang efektif dan juga efisien.

  1. Tentukan Output yang Ingin Dicapai

Sebelum memulai strategi pemasaran digital apapun, kamu perlu mengetahui tujuan atau output yang ingin kamu capai. Apakah kamu ingin mengenalkan brand, meningkatkan penjualan produk, menambah pengunjung website, atau mendapatkan pelanggan baru?

Output yang jelas akan membantu kamu menentukan strategi pemasaran digital mana yang paling tepat untuk kamu gunakan. Dengan begitu kamu tidak akan salah langkah dan berakhir dengan terbuangnya waktu dan biaya yang percuma.

  1. Pilih Channel yang Paling Sesuai

Channel digital marketing amat sangat banyak bentuk dan jenisnya. Kamu dapat memilih beberapa diantaranya sesuai dengan target konsumen serta output yang telah kamu tentukan sebelumnya. Misalnya, kamu telah menentukan target konsumen kamu merupakan anak muda dengan rentang usia 17 hingga 25 tahun, maka sosial media merupakan channel yang sesuai untuk bisnis kamu.

  1. Eksekusi Strategi Digital Marketing

Perencanaan akan percuma kalau tidak direalisasikan. Dalam langkah ini, kamu perlu melakukannya secara terus-menerus dengan konsisten. Dari banyaknya ragam strategi digital marketing yang ada, dapat kamu gunakan dan padukan agar mendapatkan hasil efektif sesuai dengan apa yang kamu inginkan. IDS telah merangkum strategi digital marketing yang dapat kamu gunakan untuk bisnis kamu.

DIGITAL MARKETING

  • Google My Business

Google Bisnisku atau lebih sering disebut dengan GMB (Google My Business) merupakan salah satu alat dari Google untuk memuat informasi bisnismu tampil dalam halaman hasil pencarian lokal Google dan Google Maps. Informasi ini akan memuat nama bisnis, alamat atau lokasi usaha, email atau website, nomor yang dapat dihubungi, hingga waktu operasional serta review dari pelanggan kamu sebelumnya.

Informasi-informasi tersebut berguna bagi pelanggan untuk menemukan bisnis kamu. Selain itu kamu juga dapat membangun rasa percaya pelanggan dengan informasi aktual serta memanfaatkan review pelanggan sebagai sarana promosi. Kamu dapat menggunakannya secara gratis dengan mendaftar di Google My Business.

  • WhatsApp for Business

WhatsApp memiliki basis pengguna yang besar tidak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Dari laporan Statista, WhatsApp memiliki 2 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Di Indonesia sediri pengguna WhatsApp mencapai 84,8 juta pengguna.

Bagi kamu pemilik bisnis kecil, WhatsApp for Business memang dibangun khusus untuk kamu. Kamu dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan menampilkan profil bisnis, katalog produk, hingga fitur statistik pesan yang memungkinkan kamu mengotomatisasi, menyortir, serta membalas pesan dengan cepat dan mudah.

  • Social Media Marketing

Sosial media merupakan salah satu alasan orang menggunakan internet. Dengan basis penggunanya yang besar, yakni sebesar 191,4 juta pengguna atau setara dengan 68,9 persen dari total populasi di Indonesia, membuat strategi pemasaran digital satu ini layak untuk kamu coba.

Sosial media marketing adalah usaha marketing melalui platform sosial media. Umumnya kamu dapat menggunakan Facebook, Instagram, atau Twitter. Namun sosial media marketing yang sesungguhnya adalah kegiatan pembuatan konten. Ini melibatkan beberapa aktivitas, seperti membangun brand awareness, membentuk engagement dengan pelanggan, dan lain sebagainya.

  • Website

Website merupakan salah satu sarana untuk membentuk kehadiran bisnis kamu secara digital. Website merupakan representasi online dari perusahaan kamu. Karena itulah website seharusnya dirancang semenarik mungkin agar dapat menunjukkan citra perusahaan kepada pelanggan.

Website memiliki jangkauan waktu dan ruang yang tak terbatas. Kamu dapat memanfaatkan website sebagai media promosi dengan penyampaian informasi penawaran produk yang sangat jelas. Promosi ini akan semakin efektif jika website kamu memiliki traffic yang baik. Kamu dapat meningkatkan traffic website dengan SEO.

  • SEO (Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization memiliki arti pengoptimalan mesin pencari. Ini merupakan teknik atau upaya pengoptimalisasi website agar dapat muncul paling atas dalam halaman hasil pencarian mesin pencarian (Google).

Lewat SEO, kamu dapat menerapkan beberapa strategi lain, seperti riset keyword, link building, hingga membuat isi konten berkualitas yang mampu menarik pengunjung untuk membaca lewat website kamu. Langkah lainnya adalah kamu bisa beriklan di Google Ads, Facebook, atau sosial media lainnya.

Belajar Bersama IDS

Wah, uraian digital marketing pada artikel di atas terasa singkat, ya. Itu tadi hanya paduan singkat untuk kamu mengenali digital marketing. Sebenarnya ada banyak lagi ilmu-ilmu digital marketing yang bisa kamu pelajari untuk mensukseskan bisnis kamu.

IDS memiliki Short Course Digital Marketing yang dapat kamu ikuti untuk memperdalam pengertian kamu seputar digital marketing. Lewat kelas ini, kamu akan memahami pengetahuan mendasar, memahami konten sosial media, menggunakan SEO dan SEM, menganalisis dan mengukur performa konten, serta menyusun strategi digital marketing lainnya.

Sumber: binaracademy.com

JOIN NOW!

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry