Peran Desainer Grafis Penting Nggak Sih? Yuk Simak! | IDS

Peran Desainer Grafis Penting Nggak Sih? Yuk Simak!

Kenapa banyak orang yang saat ini memilih untuk menggeluti kariernya sebagai seorang desainer grafis? Memang apa sih pentingnya seorang desainer grafis? Sebegitu berpengaruhkah peran seorang desaner grafis? Jawabannya adalah, ya.

Peran seorang desainer grafis begitu penting dalam setiap lingkup, apalagi dalam tingkat industri. Mengapa bisa begitu? Alasannya, tak lain dan tak bukan, karena jika informasi atau komunikasi persuasif disampaikan dalam bentuk yang biasa saja, tentu tidak akan menarik perhatian. Oleh karena itu, kreativitas seorang desainer grafis mutlak diperlukan.

Mungkin tak banyak dari kita yang sadar, kalau sehari-hari kita selalu bertemu dengan yang namanya desain. Contohnya, berangkat ke kampus, melihat baliho, flyer di jalan, graffiti di tembok-tembok jalanan hingga kemasan minuman ringan yang kita beli di minimarket.

Walaupun setiap hari mata kita seolah “dipaksa” untuk melihat logo, iklan, brosur, dan info produk. Beberapa memang ada yang desainnya bagus dan mengesankan, tetapi tidak sedikit pula yang hanya sekadar dibuat, tanpa konsep yang jelas. Oleh karena itu, peran seorang desainer grafis sangat dibutuhkan, berikut alasannya!

 

1. Menyampaikan Pesan dengan Bentuk Visual yang Kreatif

thumbnail 6-4

Misal, suatu perusahaan mengeluarkan sebuah iklan untuk majalah, akan tetapi desain dan juga teksnya sangat buruk, tentu akan terkesan bahwa perusahaan tersebut tidak profesional. Nah, di sinilah peran desainer grafis dibutuhkan. Seorang desainer grafis dapat mengolah kreativitas dan menuangkannya melalui visualisasi yang menarik agar bisa ‘berbicara’ langsung kepada target dan segmen yang telah ditetapkan.

 

2. Kontennya akan Lebih Efektif dan Efisien

6 (1)

Efisiensi dalam desain adalah melakukan proses desain dengan benar. Sedangkan dalam hal efektivitasnya adalah proses desain yang benar. Desain grafis dapat mendorong dan mengasah kebutuhan klien serta manfaatnya untuk mereka. Peran desainer dibutuhkan untuk pembuatan keputusan yang esensial dalam proses desain agar perusahaan mampu mencapai tujuannya.

 

3. Desainer Grafis Dapat Lebih Menghemat Waktu

Young men working overtime in the office

Coba bayangkan ada perusahaan yang mau bikin logo, banner, kartu nama, dan balliho. Tentu tidak akan banyak waktu mereka untuk mendesain, terlebih lagi kalo perusahaan itu tidak memiliki orang yang kompeten di bidang desain. Tentu dengan memperkerjakan seorang desainer grafis akan lebih menghemat waktu sehingga konten dapat disampaikan dengan lebih cepat.

 

4. Desainer Grafis Paham Prinsip dan Elemen Desain

4 (3)

Mungkin sebagian dari kita ada yang mulai mendesain iseng-iseng atau mengerjakan project desain dari teman atau kerabatmu. Namun, seorang desainer grafis harus memahami dulu dasar-dasar ilmunya, diantaranya elemen dan prinsip desain. Mengapa? Karena seorang desainer grafis harus paham bagaimana sebuah keseimbangan dan proporsi ketika mendesain poster. Apa tujuan dari poster tersebut yang mau ditekankan sehingga membentuk kesatuan desainnya. Seorang desainer juga harus paham kombinasi warna yang sesuai untuk digunakan agar nilai estetikanya tetap ada. Oleh karena itu, dibutuhkan peran desainer grafis yang tahu tentang prinsip dan elemen desain agar dapat mendesain secara professional.

 

5. Desainer Grafis Menentukan Desain Branding yang Baik

4 (1)

Jika desain logomu terlihat “mirip” atau “meniru” logo yang sejenis, bagaimana mungkin calon pelanggan yakin terhadap produkmu? Jika desain website tidak profesional dan terlihat asal-asalan bagaimana mungkin kamu mendapatkan klien? Seorang desainer grafis yang profesional dapat membantu  mengembangkan desain branding yang sesuai dengan jasa dan produk perusahaanmu. Mereka tahu arti sebuah warna, bentuk/lambang, dan bagaimana menyatukan elemen yang tepat untuk menimbulkan kesan yang tepat bagi bisnis/perusahaan.

Desain grafis adalah bidang yang menarik, kreatif, profesional di mana kamu dapat memanfaatkan passion untuk penggunaan sehari-harinya. So? Dengan membaca beberapa alasan tersebut, apakah kamu jadi semakin yakin untuk menggelutinya? Atau masih tetap ragu-ragu? tetapkanlah hatimu. Mantapkan jiwa jika kamu benar-benar akan menggelutinya. Kuncinya adalah belajar dan berlatih guys!

 

 

Source Pictures:

1  6

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. Ikna - May 18, 2018 - 5:52 am #

    Bagis banget info y sangat membantu se x buat saya pribadi salam hormat dari saya

DAFTAR SEKARANG