Proses Pembuatan Film Professional ala The Real Professional Filmmaker | IDS

Proses Pembuatan Film Professional ala The Real Professional Filmmaker

Sharing is caring!

Saat ini film menjadi suatu trend di kalangan anak muda Indonesia. Dengan adanya situs self-broadcast seperti Youtube dan semakin maraknya festival-festival film indie, banyak filmmaker dadakan yang kemudian membuat film “yang-penting-jadi” dengan pengetahuan seadanya. Padahal kalau kamu ingin menjadi the real profesional filmmaker, kamu harus memperkaya pengetahuan kamu mengenai serba-serbi pembuatan film, salah satunya mengenai proses pembuatannya.

Jadi bagaimana sih proses pembuatan film profesional itu? Intip penjelasan singkat mengenai proses pembuatan film profesional sebenarnya yang diterapkan langsung dalam program “Real Film Production” dari International Design School.

SCRIPT CONFERENCE

Saat script conference, seluruh anggota crew bersama-sama membahas tiap halaman naskah, adegan demi adegan, menentukan bagaimana pendekatan terbaik untuk eksekusi. Masing-masing departemen memberikan presentasi mengenai ide untuk tiap script treatment dan memulai pengerjaan production design catalogue.

ACTOR’S WORKSHOP

Bekerja dengan real actors, siswa bersamaan dengan sutradara melakukan proses penjabaran naskah bersama pemain. Amati secara langsung bagaimana sutradara dan aktor menemukan soul performance dari cerita dan menyempurnakan perannya dalam karakter yang dimainkan.

STORYBOARDING

Siswa, cinematographer, dan sutradara melakukan pemilihan lokasi, serta mendesain sudut pengambilan gambar yang sempurna untuk proses pembuatan film. Pengambilan gambar mendefinisikan bagaimana film tersebut,  nantinya siswa akan mempelajari bagaimana visual storytelling melalui tipe pengambilan gambar dan lighting schematic.

PRODUCTION DESIGN MEETING

Pada saat production design meeting, siswa mendampingi Art director untuk membuat konsep seni dari karya film tersebut. Selain itu juga memulai mendekorasi studio kelas dan merubahnya menjadi movie set yang serealistis mungkin sesuai kebutuhan naskah.

PRINCIPAL PHOTOGRAPHY (SHOOTING)

Pengambilan gambar akan menjadi bagian yang intense. Siswa akan berotasi antar departemen tiap scene-nya dimulai dari Directing, Cinematography, Production Design, Sound dan Editing.

POST-PRODUCTION (EDITING)

Masing-masing siswa akan dipandu untuk proses pengeditan hasil dari pengambilan gambar dari proyek real film. Bagi siswa yang menghasilkan The best cut, karyanya akan diolah ke proses finalisasi selanjutnya yakni rendered, colored dan di mixed hingga menjadi film pendek yang memenuhi standar professional high quality product.

Setelah mengerti prosesnya, sekarang waktunya kamu merasakan langsung bagaimana rasanya menjalani proses itu sebagai kru film profesional dengan mengikuti program “Real Film Production” di IDS | International Design School. Kapan lagi bisa merasakan langsung proses tersebut bersama praktisi profesional film yang akan memandu kamu dari awal sampai akhir? Info lengkapnya bisa kamu baca di sini.

Photo Credit: openDemocracy via Compfight cc

Posted in: Articles

Comments (One Response )

Trackbacks/Pingbacks

  1. Real Film Production Program - IDS | International Design School - July 22, 2013

    […] Detail mengenai masing-masing proses di atas bisa kamu baca di artikel ini > proses pembuatan film professional […]

DAFTAR SEKARANG