Simak 4 Tipe Desain Karakter dari Seorang Animator Dunia | IDS

Simak 4 Tipe Desain Karakter dari Seorang Animator Dunia

Sharing is caring!

Perkembangan dunia desain karakter seakan tidak pernah ada habisnya, desain karakter menjadi suatu yang sangat penting karena karakter yang sangat kuat pastinya akan selalu diingat si pembaca dan menjadi ikon yang menarik, contohnya saja Mickey Mouse, Tom and Jerry, atau bahkan Donal Duck? karena penggambaran desain karakter yang sangat kuat, akhirnya karakter-karakter tersebut pastinya menjadi sosok yang ikonik dan akan selalu diingat.

Satu hal yang perlu kamu tahu, dalam membuat desain karakter diperlukan bentuk anatomi secara mendalam sehingga dengan mudah membentuk kepribadian karakter melalui desain yang dibuat. Nah, kalian tahu nggak sih? Kalau desain karakter memiliki beberapa jenis tipe dalam hal penggambarannya? Berikut akan kita bahas secara lebih lanjut penjelasannya berdasarkan buku dari seorang animator asal Amerika Preston Blair yang pernah bekerja untuk Walt Disney Productions dan the Metro-Goldwyn-Mayer animation department.

 

1. The Screwball

The Screwball ini memiliki tipe penggambaran dengan kepala yang memanjang, leher yang tidak terlalu besar, bentuk tubuh yang kurus. Biasanya bentuk telinga cenderung lebih besar. Salah satu contohnya, dapat kita lihat pada tokoh kartun Bugs Bunny yang memiliki bentuk badan seperti buah pir. The Screwball type biasanya digambarkan sebagai sosok yang jenaka.

 

1

 

2. The Cute Character

The Cute Character digambarkan sebagai sosok yang lucu, imut, dan menggemaskan. Pembentukan desain karakter tipe ini didasarkan pada bentuk tubuh seorang bayi dengan ekspresi muka yang malu-malu, tidak memiliki leher, badan berbentuk seperti buah pir dengan ukuran kepala yang biasanya lebih besar dari ukuran badannya. Digambarkan juga memiliki bentuk hidung yang kecil dan mulut yang tipis, serta tangan-kaki yang gemuk dan pendek.

 

2
3. The Heavy Character

Digambarkan memiliki bentuk badan yang besar dengan kaki dan kepala yang lebih kecil dari badannya. Biasanya The Heavy Character dibuat untuk tokoh kartun yang memiliki sifat antagonis atau lawan dari protagonis. Tipe ini memiliki desain gambar dengan alis mata yang tebal dan menukik ke bawah (menggambarkan ekspresi marah), telinga yang kecil, mulut yang lebar, tangan yang panjang dan besar. Contohnya pada tokoh kartun Spike, tokoh anjing bulldog penjaga yang galak di film kartun Tom & Jerry.  

 

3
4. The Goofy Character

Berbanding terbalik dengan The Heavy Character, Goofy Character memiliki bentuk tubuh yang tinggi dan kurus dengan bentuk kepala yang agak lonjong, hidung yang besar, memiki dua gigi di depan. Contohnya pada karakter tokoh kartun Goofy.

 

4

 

Itu dia 4 tipe desain karakter yang pernah dibuat oleh Preston Blair. Apakah kalian jadi tertarik untuk coba membuat tokoh karakter ciptaan kalian sendiri dengan salah satu tipe di atas? Nah, ada baiknya agar kemampuan kalian lebih terlatih lagi, coba deh belajar langsung dari ahlinya. IDS | International Design School punya loh program belajar menarik seputar desain yang mungkin bisa menjadi salah satu sarana kalian untuk mengembangkan bakat yang dimiliki.

 

(AEL)

Source link and pictures:

1   

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG