Blog

BAGIKAN

Intip Sinopsis dan Fakta Film Avatar Yang Tayang Kembali di Bioskop

Avatar

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan film Avatar bukan? Avatar (2009) pertama kali tayang di bioskop 12 tahun lalu. Dan teknologi yang dihadirkan pada film ini, pada saat itu belum pernah dipakai di film lain. Teknologi 3D menjadikan Avatar sebuah pengalaman menonton yang berbeda. 

Nah, pada september 2022 ini, bioskop Indonesia menghadirkan kembali film Avatar dengan pengalaman menonton menggunakan format 4K High Dynamic Range. James Cameron sebagai sutradara merasa bahwa inilah waktunya buat mereka yang selama ini tahu Avatar dari menonton di platform streaming dan Blu-ray untuk melihatnya di layar lebar.

James Cameron mengungkapkan bahwa film Avatar akan menjadi film yang lebih baik dari yang pernah dilihat sebelumnya. Meski kamu sudah pernah menonton Avatar di platform streaming atau Blu-ray atau di mana pun, kamu belum benar-benar menonton kalau belum melihat film ini di layar yang seharusnya yakni bioskop.

Nah, untuk kalian yang penasaran dengan film Avatar, berikut ini adalah sinopsis film, pemain, fakta film, dan jadwal film avatar yang akan tayang di bioskop yang harus kalian ketahui. 

Sinopsis 

Film Avatar menceritakan tentang kehidupan manusia di masa depan yang mengalami krisis energi. Manusia pun harus mencari sumber energi baru dan berniat untuk mencari di planet lain bernama Pandora. Pandora merupakan planet asing yang subur, tetapi udaranya sangat beracun bagi manusia. Planet Pandora memiliki penduduk asli yang disebut suku Na’vi.

Suku Na’vi merupakan makhluk yang tampak primitif tetapi sangat berkembang. Mereka memiliki kulit berwarna biru, tubuh setinggi 3 meter, hidup di alam, dan menyembah Dewi Ibu bernama Eywa.

Dikarenakan lingkungan planet ini yang beracun, seorang ilmuan yang bernama Dr Grace Agustinus, menggunakan media tubuh Na’vi dan manusia yang disebut Avatar. Avatar harus terhubung ke pikiran manusia untuk memungkinkan pergerakan bebas di Pandora.

Seorang mantan marinir yang mengalami kelumpuhan bernama Jake Sully harus menjadi penghubung melalui salah satu Avatar tersebut untuk menggantikan mendiang saudara kembarnya sebagai operator untuk satu avatar.

Dr Grace juga berjanji akan menyembuhkan kakinya jika Jake Sully berhasil menjalani tugasnya dengan mencari sumber energi unobtanium di Pandora. Saat menjalani tugasnya Avatar Jake jatuh cinta dengan seorang wanita Na’vi. Tugas nya tersebut juga yang membuat Jake jadi mengetahui keadaan suku Na’vi yang sesungguhnya.

Saat ikatan Jake dan suku Pandora telah tumbuh, dia ditarik ke dalam pertempuran untuk kelangsungan hidup dunianya.

Avatar

Pemain Film Avatar 

Seperti yang kita ketahui, Avatar memiliki sinematografis yang luar biasa. Film yang disutradarai oleh James Cameron ini sukses dan banyak ditonton, sehingga menjadi blockbuster dengan karya CGI yang luar biasa serta grafis 3D yang inovatif.  

Nah, berikut ini adalah beberapa pemain yang juga ikut serta menyukseskan film ini loh, siapa saja mereka? 

  1. Samuel Worthington – Jake Sully

Pemain pertama yang akan kita bahas adalah Samuel Worthington. Samuel di film ini memerankan karakter Jake Sully. Jake Sully sendiri adalah seorang mantan marinir yang mengalami kelumpuhan pada kakinya. Sehingga ia harus menjadi seorang avatar untuk diberikan tugas. Dia mendaftarkan diri untuk terlibat dalam program Avatar setelah saudara kembarnya terbunuh. Alasan pemilihan dirinya adalah karena dia memiliki latar belakang militer yang bisa membantunya mengembangkan kedekatan dengan budaya prajurit Na’vi. 

Jake adalah pria rendah hati, tapi dia mempunyai pendirian yang kuat. Ketika tahu bahwa RDA berencana untuk mengeksploitasi Na’vi dan membiarkan suku ini dalam kesulitan sesudah diambil unobtainium-nya, dia beralih menjadi mendukung penduduk asli. Jake memutuskan untuk melindungi suku Na’vi dan membantu melestarikan cara hidup suku ini dari RDA.

  1. Zoe Yadira Saldaña Nazario – Neytiri

Zoe Yadira Saldaña Nazario merupakan seorang aktris Amerika yang pernah bergabung dalam grup Teater Faces. Zoe pada film avatar memerankan karakter Neytiri te Tskaha Mo’at’ite. Dia merupakan tokoh pahlawan utama dalam Avatar, seorang putri Na’vi dari klan Omaticaya. Neytiri merupakan putri kedua dari Eytukan dan Mo’at. Dia bertemu Jake Sully saat berada di hutan Pandora, yang membantunya saat diserang oleh sekelompok viperwolves. Neytiri kemudian menjadi guru Jake dan membantunya menyelesaikan beberapa misinya. Keduanya akhirnya jatuh cinta dan menikah di bawah Tree of Voices.

  1. Stephen Lang – Colonel Miles Quaritch

Stephen Lang merupakan aktor layar lebar dan panggung asal Amerika Serikat yang sekaligus menjadi penulis naskah. Dalam Avatar Stephen Lang berperan sebagai kepala pasukan keamanan operasi penambangan RDA, Kolonel Miles Quaritch. Dia adalah seorang pria militer, blak-blakan juga brutal saat berurusan dengan manusia dan penduduk asli. Selain itu, dia juga sangat setia pada kode etik militernya. 

Secara terang-terangan dia memanfaatkan penduduk Pandora melalui keputusan yang dia buat. Pada saat Perang Pandora, dia bertugas jadi komandan senior RDA yang mengarahkan penghancuran Hometree Klan Omaticaya. Dia juga memimpin pasukan SpecOps ketika melakukan serangan di Pohon Jiwa, yang membuatnya terbunuh dalam aksi tersebut.

  1. Sigourney Weaver – Dr. Grace Agustine

Sigourney Weaver pernah mendapat nominasi Golden Globe Award sebanyak tujuh kali. Dalam Avatar, Sigourney berperan sebagai Dr. Grace Agustine. Dia seorang exobiologist dan kepala Program Avatar, selain menjadi mentor untuk Jake Sully dan juru kampanye damai dengan Suku Na’vi. Grace mendirikan sekolah untuk mengajar suku Na’vi bahasa Inggris. 

Saat sadar kalau usahanya untuk membangun hubungan diplomatik dengan Na’vi sudah tidak didukung lagi oleh RDA, Grace mengambil jalan lain. Karena RDA berkeinginan untuk manipulasi dan mendapatkan akses ke deposito unobtainium milik Na’vi, Grace pun akhirnya memilih bergabung dengan Jake dan suku Na’vi untuk mengusir pasukan RDA.

  1. Michelle Rodriguez – Trudy Chacon

Pada film Avatar, Michelle Rodriguez memerankan karakter Trudy Chacon.  Dia seorang pilot SecOps yang bertugas untuk menerbangkan tim sains. Dia menerbangkan pesawat Samson yang digunakan untuk transportasi dan pertempuran. Seiring waktu, dia jadi bersimpati dengan suku Na’vi dan akhirnya membantu Jake Sully dan suku Na’vi melawan RDA.

Avatar

Fakta Menarik Film Avatar 

  1. Film Terlaris Sepanjang Masa

Fakta film avatar adalah film ini dinobatkan sebagai film terlaris sepanjang sejarah. Walaupun menghabiskan menghabiskan biaya produksi sebesar 237 juta USD, namun penghasilan yang dihasilkan lebih besar lagi. Walaupun sempat tergeser oleh oleh Avengers: Endgame. Namun pada tahun 2021 lalu, film ini ditayangkan kembali di cina dan berhasil menempati posisi pertama sebagai film terlaris sepanjang masa dengan total sebesar 2.802 miliar USD.

  1. Alasan Kenapa Avatar Bernama Biru

Kalian pasti penasaran bukan, kenapa avatar berwarna biru. Ternyata alasan avatar berwarna biru adalah menurut James Cameron, suku Na’vi digambarkan berwarna biru sebab ia ingin menciptakan kesamaan konseptual dengan penggambaran orang Hindu terhadap dewa yang didominasi warna biru. Alasan lainnya, Cameron memang menyukai warna biru.

  1. Disutradarai dan ditulis Oleh Orang Yang Sama Dengan Film Titanic

Tak bisa kita pungkiri, bahwa film Avatar dapat sesukses ini dikarenakan James Cameron. James Cameron memiliki peran sebagai sutradara dan penulis naskah film Avatar. Nama James Cameron mulai bersinar di kancah perfilman internasional sejak ia menyutradarai film Titanic di tahun 1997. 

  1. Berhasil membawa pulang berbagai penghargaan bergengsi

Film Avatar selain menjadi film terlaris sepanjang masa, tetapi juga sukses membawa pulang berbagai penghargaan bergengsi. Di antaranya tiga Piala Oscar untuk kategori sinematografi, desain produksi, dan efek visual terbaik. Tak hanya itu, film ini juga mendapatkan penghargaan di ajang internasional lain, seperti Best Visual Effect di British Academy Film Award 2010, serta Penghargaan Akademi Jepang untuk Film Berbahasa Asing Terbaik di tahun yang sama. Keren banget ya!

  1. 60% Hasil CGI

Saat menonton film ini, kita pasti terpukau dengan sinematografis nya bukan? Ternyata film ini merupakan 60% hasil CGI alias teknologi komputer, dan sementara 40%-nya adalah akting asli dari para aktor

  1. Punya kelanjutan cerita hingga 4 Sekuel

Dari informasi yang beredar, film Avatar nantinya akan punya 4 sekuel, dimana The Way of Water akan menjadi sekuel pertama yang dirilis. Untuk sekuel keduanya rencana akan dirilis pada tahun 2023, sedangkan sekuel ketiga dan keempat direncanakan baru rilis tahun 2026 serta 2028.

  1. Sekuel Kedua Akan Rilis Tahun 2022

Para pecinta film Avatar pasti sudah tak sabar menunggu kelanjutan nasib dari Jake dan Norm setelah diusir dari Pandora. Nah, pada Maret lalu Disney juga mengumumkan jika Avatar 2 direncanakan akan tayang di bulan Desember 2022. Trailer dari film dengan judul resmi Avatar: The Way of Water dan trailer nya juga sudah dirilis pada Mei.

Jadwal Tayang 

Untuk jadwal tayang film avatar di Indonesia sendiri adalah pada tanggal 23 September 2022. Film ini dapat kalian saksikan di CGV dan XXI yang ada di daerah kalian. Walaupun film avatar ini pernah tayang pada tahun 2009 lalu. Untuk penayangan kali ini, kalian akan menyaksikan suasana yang berbeda. Hal ini dikarenakan  film Avatar akan mengusung format 4K High Dynamic Range. 

Nah, itu adalah beberapa informasi tentang film avatar pertama yang telah sukses menjadi film terlaris sepanjang masa. Untuk kamu yang juga memiliki minat sebagai filmmaker dan ingin membuat film sebagus Avatar. Di IDS|International Design School menyediakan Sekolah Film dan kamu bisa melanjutkan studi film dengan mendapatkan bachelor’s degree lewat program International Pathway di universitas ternama di luar negeri. Kamu bisa mempelajari dunia film dan menjadi Filmmaker yang hebat. Ayo wujudkan mimpimu bersama IDS. 

JOIN NOW!

Fast Track to International Degree