Blog

BAGIKAN

Manfaat Training Karyawan

training karyawan

Karyawan merupakan salah satu unsur penting pada sebuah perusahaan. Karena karyawan lah yang menggerakan sistem pada perusahaan tersebut. Semakin bagus skill seorang karyawan, maka kinerja nya dalam perusahaan juga akan semakin bagus. Dan tentu saja keuntungan yang didapatkan perusahaan juga akan semakin besar. Oleh karena itu, pertahankan para karyawan berdedikasi di perusahaanmu. Investasikan waktu dan tenaga untuk mengasah keterampilan mereka. Salah satunya melalui traning karyawan baru.

Training Karyawan

Sebelum membahas tentang manfaat nya, alangkah baik nya kita mengetahui apa itu training karyawan.

Pelatihan atau training tentu nya memberikan sebuah ilmu baru kepada seseorang, ya. Dengan mengikuti pelatihan maka kita akan mengembangkan suatu keterampilan dan pengetahuan kepada diri sendiri atau orang lain, yang terkait dengan kompetensi tertentu yang dianggap berguna. 

Training Karyawan atau pelatihan karyawan adalah sebuah subsistem di dalam suatu perusahaan yang menekankan pada perbaikan kinerja individu dengan memberikan pendidikan yang diberikan perusahaan untuk menunjang pengetahuan dan keterampilan karyawan agar menjadi lebih baik lagi kedepannya. 

Menurut Andrew E. Sikula, pelatihan karyawan adalah suatu proses pendidikan jangka pendek, menggunakan prosedur sistematis dan terorganisir, dimana personal non manajerial mempelajari kemampuan dan pengetahuan teknis untuk tujuan tertentu.

Training karyawan akan diberikan kepada para karyawan baru maupun karyawan lama pada sebuah perusahaan itu sendiri. Dan terdapat masa atau waktu pada pelatihan tersebut yang telah ditentukan dan tentunya tidak berkelanjutan.

training karyawan

Kenapa Pelatihan SDM Itu Penting?

Pelatihan SDM tentunya sangat penting untuk berkembang lebih baiknya sebuah bisnis. Pelatihan SDM sendiri merupakan usaha yang dilakukan untuk membentuk personal yang berkualitas dengan memiliki keterampilan, kemampuan kerja, dan loyalitas kerja kepada suatu perusahaan ataupun organisasi.

Hal ini dikarenakan SDM yang berkualitas tentunya akan sangat membantu sebuah perusahaan untuk dapat berkembang dan dapat mencapai tujuan perusahaan. Dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa didapatkan jika kamu melakukan pengembangan SDM pada bisnis yang kamu kelola.

  1. Meningkatkan Efisiensi

Dengan melakukan pengembangan SDM, perusahaan juga dapat meningkatkan efisiensi tenaga, waktu, bahan baku, dan mengurangi ausnya mesin-mesin. Tentu saja hal ini akan menghemat pengeluaran dan pemborosan akan berkurang, sehingga biaya produksi relatif kecil dan daya saing perusahaan semakin besar. 

  1. Konseptual

Seorang manajer yang semakin cepat dan cakap dalam mengambil keputusan yang lebih baik, karena technical skill, human skill, dan managerial skill lebih baik dibandingkan dengan manajer yang tidak memiliki skill skill tersebut.

  1. Produktivitas Kerja

Produktivitas kerja karyawan tentunya akan meningkat dengan adanya pelatihan SDM. Selain itu juga kualitas dan kuantitas produksi semakin baik, karena technical skill (keterampilan teknik), human skill (keterampilan karyawan), dan managerial skill (keterampilan manajer) karyawan akan semakin baik.

  1. Balas Jasa

Dengan meningkatnya produktivitas kerja karyawan yang semakin besar, maka balas jasa yang berupa Gaji, Upah Insentif, Bonus, Rewards, dan Benefits tentunya akan meningkat juga. 

  1. Konsumen

Pengembangan karyawan akan memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat atau konsumen karena mereka akan memperoleh barang atau pelayanan yang lebih bermutu. Sehingga jumlah konsumen juga dapat dipastikan akan meningkat.

  1. Menghindari Kerusakan

Kerusakan barang, produksi, dan mesin-mesin akan semakin berkurang. Hal ini disebabkan adanya pengembangan SDM, sehingga para karyawan yang telah di training akan menjadi semakin ahli dan terampil dalam melaksanakan pekerjaannya. 

  1. Menghindari Kecelakaan Kerja

Melatih atau memberikan training kepada para karyawan juga tentunya dapat mengurangi tingkat kecelakaan karyawan, sehingga jumlah yang nantinya akan dikeluarkan perusahaan untuk biaya pengobatan akan berkurang. 

  1. Meningkatkan Pelayanan

Pelatihan dan pengembangan SDM juga penting untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik dari karyawan kepada konsumen atau rekan perusahaan, karena pemberian pelayanan yang baik merupakan daya tarik yang sangat penting bagi rekanan-rekanan perusahaan yang bersangkutan.

  1. Moral Lebih Baik

Dengan pelatihan SDM yang tepat, moral karyawan akan lebih baik karena keahlian dan keterampilannya sesuai dengan pekerjaannya sehingga mereka antusias untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

  1. Karir Karyawan

Dengan adanya pendidikan atau pelatihan yang diberikan oleh perusahaan kepada para karyawannya, kesempatan untuk meningkatkan karir karyawan semakin besar, karena keahlian, keterampilan, dan produktivitas kerjanya lebih baik. Dan promosi jabatan pun biasanya didasarkan kepada keahlian dan produktivitas kerja seseorang.

Apapun dan bagaimanapun bisnis yang kamu kelola,karyawan merupakan sebuah aset perusahaan yang harus dijaga dan dikelola dengan sangat baik. Karena kemajuan yang terjadi pada sebuah perusahaan merupakan hasil dari kerja keras para karyawannya. 

training karyawan

Jenis-jenis Training Karyawan 

Ketika melihat sebuah perusahaan besar, pernahkah kamu berpikir apa yang membuat perusahaan tersebut tumbuh besar dan berkembang? Ada hal yang perlu kalian ketahui, bahwasannya sebuah perusahaan yang hebat tentu membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang hebat pula. 

Apalagi pada masa sekarang ini, persaingan bisnis semakin ketat, maka produktivitas SDM harus ditingkatkan untuk menjaga keberlangsungan perusahaan. Maka dari itu dibutuhkan pelatihan kepada para karyawan untuk mereka dapat mengembangkan skill mereka dengan lebih baik lagi. 

Biasanya, Jenis-jenis training yang diberikan oleh perusahaan untuk karyawannya diberikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan, skill yang mereka kuasai, dan program yang tepat untuk mereka. 

Dibawah ini adalah beberapa jenis training yang diberikan untuk karyawan dengan berbagai sistem pelatihan karyawan yang telah ditetapkan.

  1. Off the job training (sistem pelatihan di dalam kelas)

Meskipun sama-sama berlangsung dalam ruangan, untuk off the job training lebih beragam caranya. Di antaranya seperti konferensi, seminar, kuliah, studi kusus, belajar kelompok dan lain – lain. Biasanya sistem ini dilakukan untuk karyawan ingin dipromosikan jabatannya atau sekedar hanya ingin menambah ilmu untuk praktek kerja sehari hari. 

  1. Simulasi

Biasanya, training ini diberikan kepada karyawan untuk menduplikasi sebanyak mungkin mengenai kondisi aktual yang dihadapi karyawan dalam mengerjakan pekerjaan tertentu. Yang biasa dalam melakukan pelatihan ini adalah pekerjaan seperti pengawal, polisi, tentara, pemadam kebakaran, dan pekerjaan lain yang sejenis.

  1. Demonstrasi dan contoh

Para trainer biasanya akan mendemonstrasikan mengenai bagaimana cara melakukan pekerjaan yang harus dikuasai oleh karyawan itu sendiri. Dengan kata lain, training ini dapat ditiru oleh karyawan lain. Hal ini bisa dilakukan oleh senior yang mengajarkan junior atau memberikan contoh bagaimana cara mereka bekerja. Sehingga para junior akan tau seperti apa pekerjaan mereka. 

  1. Kursus spesifik

Memberikan Training kursus spesifik ini umumnya dapat berupa pemutaran film, kuliah, konferensi dan lain – lain untuk mengedukasi para karyawan. Sebagai contoh untuk mereka yang bekerja sebagai Copywriter, untuk menambah ilmu tentang penulisan, biasanya mereka akan diberikan kursus tentang penulisan. 

  1. Apprenticeship (magang)

Jenis training ini dapat dikatakan sebagai gabungan dari pelatihan kerja dengan pengalaman kerja. Biasanya, program training karyawan magang memiliki periode training yang lebih panjang, yakni selama satu tahun bahkan lebih. 

Manfaat Training

Perusahaan memberikan training kepada karyawannya tentu akan memberikan perubahan kepada perusahaan dan karyawan tersebut. Perusahaan training terbaik di Indonesia akan memberikan sistem pelatihan karyawan dan program training karyawan yang memberikan manfaat tak ternilai di masa mendatang. Dengan mengadakan pelatihan, karyawan dapat memiliki pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan sesuai dengan pekerjaan yang dilakukannya.

Berdasarkan UU no. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan adalah segala kegiatan untuk memberikan, memperoleh, meningkatkan, dan mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaannya.

  1. Untuk meningkatkan keterampilan karyawan sesuai dengan perubahan teknologi. 
  2. Untuk mengurangi waktu belajar bagi karyawan baru agar menjadi kompeten. 
  3. Untuk membantu masalah operasional. 
  4. Untuk menyiapkan karyawan dalam promosi.
  5. Mampu memiliki para calon – calon leader yang baik dan paham dalam menjalankan tanggung jawab perusahaan di masa mendatang.
  6. Dapat meningkatkan produktivitas perusahaan dalam kinerja karyawan di dalamnya.
  7. Mampu mendapatkan karyawan – karyawan yang memiliki moral dan komitmen yang lebih baik kedepannya.
  8. Dapat pengembalian investasi yang lebih besar dari training yang dilakukan untuk karyawan.
  9. Memiliki tenaga kerja yang terampil dan terampil
  10. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja
  11. Meningkatkan produktivitas kerja
  12. Mengurangi biaya karena waktu yang terbuang karena kesalahan
  13. Tingkatkan kualitas kerja
  14. Meningkatkan rasa percaya diri
  15. Meningkatkan kepuasan kerja

Sumber: codemi.co.id

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree