Blog

BAGIKAN

Kenali 6 Peran Musik dalam Produksi Film

musik dalam film

Pernahkah kamu langsung teringat sebuah film saat mendengar sebuah soundtrack? Atau terbawa suasana saat mendengar musik di setiap adegan film? Ya, musik ternyata punya peran yang besar dalam produksi film, lho. Secara teori, musik dalam film dibagi menjadi dua, yaitu musik scoring yang memberi irama musik sebagai latar belakang dan original soundtrack Selain memberikan ciri khas, musik juga dapat membuat kamu terhanyut dalam emosi saat menonton sebuah film. Kira-kira apa saja peran musik dalam sebuah film? Simak artikel tentang peran musik dalam film berikut ini!

  • Menjadi ciri khas sebuah film

Theme song dalam sebuah film bisa menjadi ciri khas atau karakter film tersebut. Misalnya, jika penonton film tiba-tiba mendengar sebuah nada, akan langsung tahu nada lagu itu ciri khas dari film tertentu. Misalnya, nada khas dari film-film seperti Mission Impossible, Indiana Jones, Superman, atau Star Wars dapat dengan mudah dikenali oleh penonton.

  • Musik dapat mendefinisikan sebuah genre film

Musik juga berperan untuk mendefinisikan sebuah genre film. Misalnya, film romance menggunakan alunan musiknya membuat kita ikut berbunga-bunga dan jatuh cinta dibanding musik yang creepy dan menyeramkan. Inilah kenapa kita harus memperhatikan musik dalam film, salah satunya dengan scoring yang tepat. 

  • Menciptakan suasana di dalam film

Peran selanjutnya adalah menciptakan suasana dalam setiap adegan di dalam film. Mulai dari suasana sedih, bahagia, takut, dan lain sebagainya. Pastinya kamu pernah hampir menangis saat menonton sebuah film sedih atau ikut deg-deg an saat menonton film horor, kan? Emosi yang dibangun dalam film melalui musik ini yang akan membawa perasaan penonton lebih dalam dan berkesan.

  • Musik dapat membuat kita merasakan emosi yang dirasakan karakter di film tersebut

Dalam sebuah film, musik digunakan untuk memperkuat emosi yang ingin ditampilkan. Tanpa musik yang tepat, sebuah film mungkin tidak akan berhasil menciptakan kesan yang diinginkan. Inilah cara sutradara menggiring penonton untuk merasakan emosi yang sama dari yang dialami si pemeran di film tersebut.

Contohnya, ekspresi wajah pemeran yang nampaknya kosong bisa dibuat seakan sedang merasakan emosi tertentu dengan menggunakan musik yang mengiringinya. Saat ingin menunjukkan emosi kesedihan, ada alunan musik yang menyayat hati. Begitupun saat adegan menegangkan, musik juga dapat membawa penonton merasa cemas dan ikut merasakan ketakutan.

  • Media Pemasaran

Dalam produksi film, musik juga dapat digunakan sebagai alat pemasaran, lho. Banyak soundtrack dari film menjadi populer di pasar musik. Hal ini karena musik yang tepat dapat membuat adegan atau karakter menjadi lebih membekas di hati penonton.

Seperti halnya soundtrack film Star Wars, menjadi salah satu soundtrack film terlaris sepanjang masa dan masih populer hingga saat ini. Selain itu, soundtrack dari film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2019) yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko, yaitu lagu Hindia – Secukupnya menjadi salah satu lagu yang viral setelah penayangan film tersebut di bioskop.

Neh, itulah 6 peran musik dalam produksi film yang perlu kamu ketahui. Ternyata memang benar, untuk menghasilkan film yang berkualitas itu idak lepas dari peran musik di dalamnya.

Tertarik untuk belajar film? Yuk gabung di Program Digital Film & Media Production IDS!

banner college

Program Digital Film & Media Production di International Design School (IDS) adalah pilihan yang tepat untuk belajar film. Program ini mengajarkan kemampuan teknis dan estetis dalam menciptakan film dan konten untuk berbagai media. Mahasiswa akan mengembangkan cerita, menulis skenario, dan memahami seluruh proses produksi film, termasuk penyutradaraan, manajemen produksi, sinematografi, tata artistik, tata suara, akting, dan editing. Kelebihannya termasuk simulasi industri terbaik, kesempatan berpraktik langsung, dan magang di Paragon Pictures. Tanpa skripsi, program ini mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan untuk sukses dalam industri film dan media.

College Program

Jago Bikin Film