Blog

BAGIKAN

Memahami Perbedaan Antara Bachelor dan Master Degree

Syarat Kuliah Di Luar Negeri

Bachelor dan master adalah istilah yang umum terdengar dalam konteks pendidikan luar negeri dan sering kali menjadi sumber kebingungan. Dua tingkatan pendidikan ini, bachelor dan master degree, memiliki perbedaan signifikan yang penting untuk dipahami. 

Bachelor degree, atau gelar sarjana, adalah jenjang pendidikan tinggi yang ditempuh setelah menyelesaikan program studi sarjana. Gelar ini mencakup pemahaman mendalam dalam bidang tertentu dan memberikan dasar pengetahuan yang kuat.

Sementara itu, master degree adalah tingkatan pendidikan yang lebih tinggi setelah gelar sarjana. Program ini menawarkan spesialisasi lebih lanjut dalam suatu bidang dan mencakup penelitian yang lebih mendalam. Gelar master seringkali dianggap sebagai langkah lanjutan yang membantu memperluas pemahaman dan keterampilan, memberikan keahlian khusus di tingkat yang lebih tinggi.

Apa Itu Bachelor Degree?

Fakta Kuliah ke Luar Negeri

Bachelor Degree, atau yang lebih dikenal sebagai gelar sarjana, adalah jenjang pendidikan tinggi yang diberikan setelah menyelesaikan program studi sarjana atau undergraduate. Gelar ini merupakan tingkat pendidikan pertama di perguruan tinggi dan umumnya memerlukan waktu studi sekitar 3 hingga 4 tahun, tergantung pada program dan negara tempat gelar tersebut diperoleh.

Gelar sarjana dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang suatu bidang studi tertentu. Program studi sarjana mencakup kombinasi mata kuliah umum, mata kuliah inti yang spesifik untuk jurusan, dan seringkali termasuk proyek penelitian atau kerja lapangan. Setelah menyelesaikan semua persyaratan program, mahasiswa akan diberikan gelar sarjana, seperti Bachelor of Arts (BA) atau Bachelor of Science (BS), tergantung pada fokus studi mereka.

Bachelor Degree sering kali dianggap sebagai batu loncatan awal untuk memasuki dunia profesional atau melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, seperti gelar master atau doktor. Gelar sarjana memainkan peran kunci dalam membentuk dasar pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan karier dalam berbagai bidang dan industri.

Syarat Mengambil Bachelor Degree di Luar Negeri bachelor degree

  1. Paspor yang masih berlaku
  2. Visa pelajar
  3. Ijazah setara SMA
  4. Transkrip nilai
  5. Letter of Acceptance
  6. Sertifikat kemampuan bahasa asing terutama Inggris (IELTS/TOEFL/SAT)
  7. Motivation Letter
  8. Letter Of Recommendation (Opsional)
  9. Biaya Studi dan Biaya Hidup

Contoh Gelar Bachelor Degree

  1. B.Sc (Bachelor of Science/Sarjana Sains)
  2. B.Eng (Bachelor of Engineering/Sarjana Teknik)
  3. B.A (Bachelor of Arts/Sarjana Seni atau Humaniora)
  4. B.A.Sc (Bachelor of Applied Science/Sarjana Sains Terapan)
  5. LL.B (Legum Baccalaureus/Sarjana Hukum)

Bachelor Degree with Honors

Bachelor Degree with Honours adalah varian dari gelar sarjana yang mencerminkan pencapaian akademis yang lebih tinggi dan prestisius. Pada umumnya, mahasiswa yang mencapai hasil akademis yang sangat baik selama studi sarjana mereka berhak menerima Bachelor Degree with Honours.

Gelar ini sering ditandai dengan kata “Honours” dan diberikan sebagai pengakuan terhadap pencapaian akademis yang luar biasa. Untuk mencapai gelar ini, mahasiswa biasanya harus mencapai tingkat pencapaian tertentu, seperti meraih nilai tertentu atau menyelesaikan proyek penelitian atau tesis yang mendalam.

Bachelor Degree with Honours dapat memberikan keuntungan tambahan dalam dunia akademis dan profesional. Pemegang gelar ini seringkali dianggap memiliki pemahaman yang lebih mendalam dalam bidang studi mereka dan dihargai atas dedikasi serta prestasi akademis mereka.

Penting untuk dicatat bahwa persyaratan untuk mendapatkan Bachelor Degree with Honours dapat bervariasi antar program studi dan institusi pendidikan. Oleh karena itu, mahasiswa yang berminat untuk meraih gelar ini sebaiknya memahami persyaratan dan ekspektasi yang diberlakukan oleh institusi atau program studi tempat mereka kuliah.

Apa Itu Master Degree?

master degree

Master Degree, atau yang sering disebut sebagai gelar magister, adalah tingkatan pendidikan tinggi yang lebih lanjut setelah menyelesaikan gelar sarjana. Gelar ini menawarkan spesialisasi yang lebih mendalam dalam suatu bidang studi tertentu dan seringkali mencakup unsur penelitian atau proyek yang kompleks.

Program studi master memungkinkan mahasiswa untuk memperluas pengetahuan mereka dan mengembangkan keterampilan yang lebih canggih dalam bidang spesifik. Ada berbagai jenis Master Degree, termasuk Master of Arts (MA), Master of Science (MS), Master of Business Administration (MBA), dan banyak lagi, masing-masing sesuai dengan fokus studi.

Proses mendapatkan gelar master melibatkan kursus lanjutan, dan dalam beberapa kasus, mahasiswa mungkin diminta untuk menyelesaikan tesis atau proyek penelitian. Gelar master biasanya memerlukan waktu studi sekitar 1 hingga 2 tahun, tergantung pada program dan negara tempat gelar diperoleh.

Gelar master memiliki nilai tambah dalam dunia profesional, membuka peluang karir yang lebih maju dan sering kali dianggap sebagai kualifikasi yang meningkatkan keahlian seseorang dalam suatu bidang tertentu. Pemegang Master Degree juga dapat memilih untuk melanjutkan ke tingkat pendidikan doktoral jika tertarik untuk mengejar penelitian atau karier akademis yang lebih tinggi.

Syarat Mengambil Master Degree di Luar Negeri

  1. Ijazah S1
  2. Transkrip Nilai S1
  3. Paspor yang masih berlaku
  4. Visa Pelajar
  5. Sertifikat IELTS/TOEFL
  6. Letter of Recommendation
  7. Statement of Purpose
  8. CV dan Portofolio

Contoh Gelar Master Degree

  1. M.Sc (Master of Science/Magister Sains atau Ilmu Pengetahuan)
  2. M.Eng (Master of Engineering/Magister Keteknikan)
  3. M.A (Master of Arts/Magister Seni atau Humaniora)
  4. LL.M (Legum Magister, Lex Legibus Magister/Magister Hukum)
  5. M.M (Master of Management/Magister Manajemen)
  6. M.P.A (Master of Public Administration/Magister Administrasi Publik)
  7. M.B.A (Master of Business Administration/Magister Administrasi Bisnis)

Perbedaan Master Degree dan Bachelor Degree

Panduan Memilih Kampus

Perbedaan antara bachelor dan Master Degree terletak pada tingkat kedalaman pengetahuan, durasi studi, dan kompleksitas program. Berikut adalah beberapa perbedaan utama:

  1. Tingkat Kedalaman Pengetahuan:
  • Bachelor Degree: Gelar sarjana memberikan pemahaman umum dan komprehensif dalam suatu bidang studi. Ini mencakup kuliah umum, mata kuliah inti, dan mungkin beberapa pilihan.
  • Master Degree: Gelar magister menawarkan spesialisasi lebih mendalam dan pengetahuan yang lebih canggih dalam bidang tertentu. Program ini seringkali mencakup studi lanjutan, penelitian, atau proyek khusus.
  1. Durasi Studi:
  • Bachelor Degree: Waktu studi untuk gelar sarjana biasanya memerlukan sekitar 3 hingga 4 tahun, tergantung pada program dan negara.
  • Master Degree: Gelar magister biasanya memerlukan waktu studi tambahan setelah gelar sarjana, berkisar antara 1 hingga 2 tahun.
  1. Persyaratan Tesis atau Proyek:
  • Bachelor Degree: Pada umumnya, gelar sarjana tidak memerlukan penyusunan tesis atau proyek penelitian yang mendalam. Mahasiswa sering menyelesaikan persyaratan program studi dan ujian akhir.
  • Master Degree: Sebagian besar program magister menuntut penyusunan tesis, proyek penelitian, atau karya seni kreatif yang menunjukkan pemahaman mendalam dan kemampuan kontribusi keilmuan di bidang tertentu.
  1. Pintu Masuk Karier:
  • Bachelor Degree: Gelar sarjana umumnya merupakan kualifikasi awal yang memungkinkan masuk ke banyak bidang pekerjaan atau melanjutkan studi ke tingkat master.
  • Master Degree: Gelar magister dapat membuka pintu ke karier yang lebih spesifik dan tingkat posisi yang lebih tinggi, serta memberikan keahlian khusus yang diperlukan dalam beberapa bidang.

Perbedaan ini mencerminkan peran masing-masing gelar dalam membentuk jalur pendidikan dan karier seseorang. Bachelor Degree memberikan landasan, sementara Master Degree menawarkan spesialisasi dan tingkat keahlian yang lebih tinggi.

Tertarik untuk kuliah ke luar negeri? Yuk ikuti program International Pathway di IDS | International Design School!

College BTEC

IDS merupakan mitra resmi BTEC yang spesialis dalam pendidikan vokasional dengan standar Inggris yang menitikberatkan pada pendekatan praktis. Mereka menyelenggarakan program BTEC Level 5 HND (Higher National Diploma) selama 20 bulan (5 term), setara dengan Kurikulum Tahun 1 & 2 S1 di Inggris. IDS memiliki komitmen untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk sukses di industri kreatif dan teknologi. Program studi yang ditawarkan mencakup:

1. Digital Design & Illustration
Program ini mengajarkan integrasi pola pikir kreatif, estetika desain, dan strategi komunikasi melalui ilustrasi digital. Fokus utamanya adalah desain untuk media komunikasi cetak dan digital. Materi pembelajaran mencakup tipografi, fotografi, ilustrasi, komposisi, warna, serta desain berbasis pengguna seperti design thinking, UI & UX. Mahasiswa juga dibekali pemahaman akan kebutuhan bisnis untuk mempersiapkan mereka dalam bekerja di industri kreatif dan startup.

2. Digital Animation & Games
Program ini mengajarkan keterampilan kreatif dan teknis dalam produksi animasi dan efek visual untuk industri film dan televisi. Mahasiswa akan mempelajari proses pembuatan animasi dan game dari ide, storytelling, desain karakter, hingga menghasilkan karya dengan standar internasional. Mereka juga akan mendalami penggunaan perangkat lunak industri seperti Autodesk Maya dan Unreal Engine. Program ini bertujuan untuk menciptakan profesional yang siap berkarir di industri animasi dan game.

3. Digital Film & Media Production
Program ini memberikan keterampilan teknis dan estetis kepada mahasiswa dalam pembuatan film dan konten media yang beragam. Materi pembelajaran mencakup tahapan pengembangan cerita, penulisan skenario, pembuatan storyboard, hingga produksi film secara menyeluruh, termasuk penyutradaraan, manajemen produksi, sinematografi, tata artistik, tata suara, akting, dan editing. Mahasiswa juga akan mendapatkan pemahaman tentang aspek manajemen dan bisnis konten dari segi pemasaran dan distribusi.

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree