Blog

BAGIKAN

10 Film Animasi Pilihan dengan Rating Tertinggi yang Harus Kamu Tonton

film animasi rating tertinggi

Dari banyaknya judul film animasi yang hadir sepanjang tahun 2023, pasti ada beberapa yang mampu menyandang predikat yang terbaik. Penilaian tersebut tidak hanya dilandaskan pada kisahnya yang menarik, tetapi juga ditentukan oleh keindahan visual animasi yang berhasil memukau mata penonton. Rangkaian film animasi ini mampu membawa penonton melintasi berbagai dunia, mulai dari cerita mengenai makhluk kerdil yang mahir bernyanyi hingga perjalanan epik superhero yang menjelajahi semesta lain.

Ketika berbicara mengenai film animasi, kualitas visual adalah salah satu aspek yang seringkali menjadi sorotan utama. Animasi yang memukau, efek khusus yang canggih, dan desain karakter yang brilian adalah beberapa elemen yang sering diapresiasi oleh penonton. Film animasi pilihan tahun 2023 dengan rating tertinggi versi IMDb, tidak hanya menjanjikan kisah yang memikat hati, tetapi juga menawarkan pengalaman visual yang spektakuler.

Masing-masing judul mempersembahkan cakrawala baru dalam seni animasi, menciptakan dunia yang penuh warna dan mendalam. Dari momen-momen lucu hingga adegan epik, film-film ini berhasil menyatukan storytelling yang kuat dengan keajaiban visual. Dengan demikian, tidak hanya menjadi tontonan yang menghibur, tetapi juga karya seni yang memanjakan mata dan mengundang penonton untuk terus terpesona sepanjang perjalanan cerita.

Inilah bukti bahwa animasi tidak hanya sekadar hiburan untuk anak-anak, tetapi juga sebuah bentuk seni yang mampu menyentuh seluruh rentang usia. Film animasi pilihan terbaik tahun 2023 ini menjelajahi batas-batas kreativitas dan teknologi, memberikan tontonan yang tak terlupakan, dan menetapkan standar baru dalam dunia perfilman animasi. Berikut film animasi 2023 dengan rating tertinggi versi IMDb.

1. Spider-Man: Across the Spider-Verse

Spider-Man: Across the Spider-Verse

Film Spider-Man: Across the Spider-Verse memperoleh rating tertinggi di IMDb sepanjang tahun 2023, dengan perolehan 8,6/10, itu artinya film tersebut mendapatkan penilaian positif dari penonton dan kritikus. Keberhasilan ini mencerminkan kualitas tinggi dari berbagai aspek produksi film tersebut.

Cerita film berfokus pada petualangan Miles Morales, Spider-Man dari semesta lain, yang bergabung dengan Spiderman dari realitas alternatif untuk memerangi kejahatan yang melintasi berbagai semesta. Kisahnya menghadirkan penuh aksi, keajaiban multiverse, dan pengembangan karakter yang memikat.

Selain dari segi cerita, keberhasilan film ini juga terletak pada visualnya yang memukau. Aksi yang keren dan efek visual yang spektakuler membawa pengalaman sinematik yang mendalam bagi penonton. Penggunaan sejumlah gaya animasi yang berbeda dan penggabungan elemen-elemen ini secara harmonis menciptakan satu kesatuan yang padu, menjadikan film ini sebuah karya seni visual yang luar biasa.

Film ini tidak hanya diakui karena plot yang kuat dan visual yang mencolok, tetapi juga karena inovasi dalam teknik animasinya. Seiring dengan menggabungkan gaya animasi yang beragam, Spider-Man: Across the Spider-Verse terus menetapkan standar baru dalam genre film animasi. Keberhasilannya dalam menciptakan pengalaman visual yang unik dan memukau telah mendapatkan apresiasi luas dari penonton dan industri film.

Dengan penerimaan positif dari berbagai kalangan, film ini tidak hanya menjadi sekuel yang sukses tetapi juga mengukuhkan posisinya sebagai salah satu film animasi terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Keberhasilan Spider-Man: Across the Spider-Verse tidak hanya sebagai hiburan belaka tetapi juga sebagai pencapaian artistik yang memperkaya dunia perfilman animasi.

2. The Peasants

The Peasants

Film animasi yang berjudul The Peasants, menunjukkan bahwa tidak semua film animasi ditujukan khusus untuk anak-anak, mengingat ceritanya memiliki kedalaman emosional dan tema yang cukup serius. Disutradarai oleh DK Welchman, film ini berhasil meraih rating 8,2/10.

Kisah dalam film The Peasants berpusat pada karakter utama, Jagna, seorang perempuan yang terjebak dalam realitas sebuah desa di mana patriarki masih sangat mengakar. Cerita ini menggambarkan tantangan dan ketidaksetaraan yang dihadapi oleh tokoh utama dalam lingkungan sosial yang penuh dengan ketidakadilan. Tema cerita yang kuat dan mendalam menjadikan film ini lebih cocok untuk penonton yang lebih dewasa yang dapat mengapresiasi kompleksitas pesan yang disampaikan.

Salah satu aspek yang membuat The Peasants menonjol adalah gaya animasinya yang unik. Menggunakan teknik lukisan dari para pemeran, film ini menciptakan suasana visual yang khas dan memberikan nuansa artistik yang mendalam. Pendekatan ini tidak hanya menunjukkan kreativitas dalam animasi tetapi juga memberikan pengalaman visual yang mendalam dan berbeda dari film animasi pada umumnya.

Dengan menciptakan suasana yang unik dan memadukan cerita yang kuat, The Peasants membuktikan bahwa film animasi dapat menjadi medium yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan serius dan membangkitkan refleksi mengenai isu-isu sosial. Keberanian untuk menjauh dari norma dan menghadirkan cerita yang berat melalui gaya animasi yang kreatif menjadikan film ini sebuah kontribusi berharga dalam dunia perfilman animasi yang terus berkembang.

3. Puss in Boots: The Last Wish

Puss in Boots: The Last Wish

Film Puss in Boots: The Last Wish dirilis pada akhir tahun 2022 dan mampu membangkitkan antusiasme penonton. Keberhasilannya juga menjadi alasan mengapa IMDb memasukkan film ini dalam daftar film animasi terbaik tahun 2023. Bercerita tentang Puss, seekor kucing berpenampilan musketeer yang memiliki hasrat besar terhadap petualangan.

Sebagai seorang karakter yang penuh dengan semangat petualang, Puss tanpa disadari telah menjalani berbagai petualangan berbahaya yang menghabiskan delapan dari sembilan nyawanya. Pemahaman akan kondisi nyawanya yang tersisa satu menambah dimensi emosional dalam kisahnya. Cerita yang unik ini membawa penonton melibatkan diri dalam perjalanan Puss yang menegangkan dan penuh tantangan.

Film ini diproduksi oleh DreamWorks Animation, yang telah terkenal dengan prestasi animasinya yang berkualitas. Meskipun film ini mendapatkan rating sebesar 7,8/10 di IMDb, namun film ini mendapatkan sambutan positif dari penonton terhadap kisah yang dihadirkan. Rating tersebut juga dapat mencerminkan keberhasilan film dalam memberikan kombinasi yang baik antara narasi yang menarik dan kualitas animasi yang memukau.

Dengan alur cerita yang mengasyikkan dan karakter utama yang karismatik, Puss in Boots: The Last Wish menjadi sebuah film animasi yang berhasil mencuri perhatian dan memperkaya dunia animasi pada tahun 2023. Dengan dukungan dari rumah produksi yang terkemuka dan konsep cerita yang inovatif, film ini menambah keberagaman dalam daftar film animasi terbaik dan terus memberikan hiburan yang memuaskan bagi penonton dari berbagai kalangan.

4. Nimona

Nimona

Dengan keunikan gaya animasi yang menggabungkan elemen 2D dan 3D secara harmonis, film Nimona berhasil memukau penonton dan meraih rating sebesar 7,6/10. Film ini merupakan adaptasi dari komik terkenal, bercerita tentang perjalanan seorang kesatria yang difitnah atas tuduhan melakukan kejahatan yang sebenarnya tidak dilakukannya. Twist penuh intrik dan kompleksitas dalam cerita ini menambahkan kedalaman dan ketegangan yang memukau.

Nimona, seorang gadis remaja setengah monster yang menjadi kunci untuk membuktikan ksatria tersebut tidak bersalah. Peran Nimona sebagai pahlawan yang aneh dan unik menciptakan dimensi karakter yang menarik, menghadirkan perpaduan antara sisi manusia dan monster dalam karakternya.

Penggunaan teknologi animasi yang menggabungkan unsur 2D dan 3D memberikan tampilan visual yang memukau dan berbeda dari film animasi pada umumnya. Keberanian untuk mengadopsi gaya yang tidak konvensional dalam animasi menjadi salah satu daya tarik utama film ini.

Dengan menghadirkan cerita yang mendalam dan karakter-karakter yang kompleks, Nimona bukan hanya memberikan hiburan visual, tetapi juga mempersembahkan pesan moral yang menggugah. Sebagai adaptasi dari komik yang dihargai, film ini berhasil mempertahankan esensi dan daya tarik cerita aslinya.

Sebagai hasil dari kolaborasi kreatif antara teknologi animasi, narasi yang kuat, dan karakter-karakter yang berkesan, Nimona memasuki daftar film animasi yang mampu menciptakan pengalaman sinematik yang tak terlupakan dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan animasi modern.

5. Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem

Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem

Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem mengikuti jejak sejumlah seri film Ninja Turtles sebelumnya, memperkenalkan kisah yang menarik tentang empat kura-kura bersaudara yang mengalami mutasi akibat paparan mutagen misterius. Efek mutagen tersebut memberikan mereka kekuatan luar biasa dan kemampuan untuk beroperasi seperti manusia. Seiring tumbuh dewasa, Michelangelo, Leonardo, Raphael, dan Donatello menggunakan keahlian unik mereka untuk membantu dan melindungi banyak orang.

Seperti karakter kura-kura ninja pada umumnya, keempat tokoh utama ini memiliki kepribadian yang berbeda dan kemampuan khusus. Keunikan masing-masing karakter menambah dimensi emosional dan kekompleksan dalam dinamika kelompok. Ketika mereka bersatu, keseimbangan antara kekuatan fisik dan karakteristik kepribadian mereka menjadi daya tarik utama dalam film ini.

Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem berhasil mencuri perhatian penonton dengan menyajikan cerita yang standout dan mendebarkan. Disutradarai oleh Jeff Rowe, film ini berhasil meraih rating sebesar 7,2/10, menunjukkan penerimaan yang positif dari penonton. Keberhasilan tersebut menegaskan bahwa film ini mampu menghibur dan memukau audiensnya.

Penghargaan atas keberhasilan film ini juga dapat dilihat dari kemampuannya untuk tampil stand out di antara sejumlah seri film Ninja Turtles sebelumnya. Kombinasi antara elemen cerita yang kuat, karakter yang ikonik, dan penyutradaraan yang cermat menjadikan Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem sebuah kontribusi berharga dalam dunia film animasi dan khususnya dalam waralaba Ninja Turtles yang telah lama dikenal.

6. The Super Mario Bros Movie

mario bros movie

Film The Super Mario Bros Movie, yang diadaptasi dari game populer, berhasil meraih rating sebesar 7/10 dari penonton. Kisah dalam film ini mengeksplorasi petualangan Mario, seorang tukang ledeng yang telah menjadi ikon dalam dunia permainan video.

Diceritakan bahwa film ini melibatkan anggaran yang besar, kabarnya mencapai 100 juta dolar atau setara dengan Rp1,5 triliun. Angka ini mencerminkan ambisi untuk memberikan pengalaman sinematik yang luar biasa dan memuaskan bagi para penggemar game dan penonton umumnya.

Cerita film berfokus pada petualangan Mario dan saudara laki-lakinya, Luigi, yang tak terduga saat menjelajahi sebuah pipa misterius. Pipa ini membawa mereka ke dunia ajaib yang belum pernah mereka bayangkan sebelumnya. Konsep ini membuka pintu menuju petualangan seru yang penuh tantangan, sekaligus menggali lebih dalam ke dalam lore dunia Super Mario yang telah dicintai oleh jutaan penggemar.

Selain menonjolkan visual yang mengagumkan, The Super Mario Bros Movie juga menghadirkan karakter-karakter yang akrab dari dunia permainan video. Film ini berusaha untuk mempertahankan esensi dan keunikan yang membuat game Super Mario begitu ikonik, sambil memberikan nuansa baru yang cocok untuk medium film.

Dengan perpaduan antara unsur fantasi, petualangan, dan elemen-elemen khas dari dunia Super Mario, film ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang menghibur dan memukau bagi penonton dari berbagai kalangan. Rating yang positif dari penonton menegaskan bahwa film ini berhasil mencapai tujuan tersebut, menjadikannya sebagai salah satu adaptasi game yang cukup sukses di dunia perfilman.

7. Leo

leo

Diproduksi oleh Netflix Animation, film Leo mempersembahkan kisah menarik tentang seorang kadal berusia 74 tahun yang mendapati dirinya terjebak dalam terarium di ruang kelas. Leo, sang protagonis, menyadari bahwa sisa usianya hanya tinggal 1 tahun lagi. Tidak ingin meninggalkan dunia dengan penyesalan atas kehidupan yang monoton, Leo mengambil keputusan berani untuk melarikan diri dari terarium yang membatasi kebebasannya.

Cerita film ini menyajikan petualangan yang menarik dan menghibur, menggambarkan perjalanan Leo dalam mengejar kebebasan dan makna hidup. Karakter yang unik dan situasi yang tak terduga membentuk dasar narasi yang penuh kejutan, memberikan pesan positif tentang keberanian untuk mengejar impian meskipun dalam kondisi sulit.

Pentingnya peran musik dalam film ini juga disoroti, dengan menyebutkan bahwa Original Soundtrack (OST) yang digunakan sangatlah ciamik. Musik yang dipilih dengan cermat mampu memperkuat suasana cerita dan menambah dimensi emosional pada setiap adegan. Penggunaan musik yang tepat juga membantu menciptakan pengalaman sinematik yang lebih mendalam.

Keberhasilan Leo tercermin dari rating sebesar 7/10 yang diraihnya, menunjukkan bahwa penonton memberikan respons positif terhadap kombinasi cerita seru dan penyertaan elemen musik yang berkualitas. Film ini tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga mengajak penonton untuk merenung tentang makna kebebasan, petualangan, dan keberanian dalam menghadapi batasan.

Secara keseluruhan, Leo dari Netflix Animation membuktikan bahwa animasi dapat menjadi sarana yang kuat untuk menyampaikan pesan-pesan hidup, sambil tetap menghibur dan menginspirasi penonton. Keberhasilannya dalam memadukan elemen-elemen tersebut membuatnya menjadi bagian yang berharga dalam katalog animasi yang beragam dan berkualitas.

8. Elemental

elemental

Sebagai hasil dari kolaborasi gemilang antara Disney dan Pixar pada tahun ini, film Elemental berhasil meraih rating sebesar 7/10. Meskipun kisah yang diangkat terbilang simpel, film ini berhasil disajikan dengan kecemerlangan yang luar biasa. Ceritanya membawa penonton ke dalam dunia yang menarik dan memikat, mengisahkan perjumpaan tak terduga antara Ember Lumen, elemen api, dan Wade Ripple, elemen air.

Pertemuan kebetulan antara Ember dan Wade menjadi pemicu bagi sebuah petualangan menegangkan dan romantis di negeri yang dihuni oleh berbagai elemen. Cerita ini memberikan nuansa keajaiban dan keindahan melalui interaksi antara dua elemen yang berlawanan, menciptakan keseimbangan yang unik dan menarik.

Pentingnya elemen visual dan animasi dalam film ini juga patut dicatat. Disney dan Pixar berhasil memberikan kehidupan pada karakter-karakter serta dunia yang mereka huni, menciptakan pengalaman sinematik yang tak terlupakan. Penggunaan warna-warna cerah dan efek-efek khusus yang memukau menjadi daya tarik tambahan, menambah keaslian dan keindahan dalam setiap adegan.

Ketangguhan Elemental terletak pada kemampuannya menyajikan kisah yang dapat dinikmati oleh penonton dari segala usia. Walaupun simpel, elemen romantis dan petualangan yang dihadirkan mampu menghadirkan suasana yang hangat dan menyentuh hati. Rating yang diperolehnya mencerminkan apresiasi penonton terhadap keunikan cerita dan penyajian visual yang diberikan oleh film ini.

Sebagai karya kolaborasi antara dua raksasa animasi, Elemental menjadi salah satu film yang memperkaya dunia animasi pada tahun ini. Keberhasilannya dalam menciptakan dunia fantastis dan menghadirkan cerita yang menggugah emosi membuatnya menjadi tontonan yang layak dijelajahi oleh pecinta animasi dan penikmat film dari berbagai kalangan.

9. Chicken Run: Dawn of the Nugget

Chicken Run: Dawn of the Nugget

Dalam Chicken Run: Dawn of the Nugget, penonton diajak melanjutkan perjalanan epik Ginger dan Rocky setelah berhasil melarikan diri dari peternakan Tweedy. Namun, realitas di luar peternakan ternyata tidak sesederhana yang mereka bayangkan. Di dunia luar, tantangan dan ancaman baru menanti mereka, menguji keberanian dan ketangguhan karakter utama.

Kisah yang disajikan dalam film ini mampu mempertahankan daya tariknya dengan merangkai petualangan yang seru dan penuh kejutan. Ginger dan Rocky harus menghadapi berbagai rintangan yang menguji kelicikan mereka dalam bertahan di dunia yang baru. Plot yang menarik dan karakter yang kuat menjadi pilar kesuksesan cerita ini.

Salah satu aspek yang membuat Chicken Run: Dawn of the Nugget menonjol adalah gaya animasinya yang unik, yaitu stop motion. Animasi ini memberikan sentuhan visual yang khas dan memikat, menambahkan nuansa klasik dan keaslian pada pengalaman menonton. Keunikan ini juga menjadi ciri khas dari film-film dalam franchise Chicken Run.

Film ini disutradarai oleh Sam Fell, yang berhasil mengarahkan perjalanan karakter-karakter tersebut dengan baik. Meskipun meraih rating sebesar 6,4/10, film ini tetap mendapatkan apresiasi karena kemampuannya dalam menyajikan hiburan yang menghibur bagi penonton dari berbagai kelompok usia.

Dengan keberanian untuk melanjutkan kisah yang sudah familiar dengan tambahan elemen cerita yang segar, Chicken Run: Dawn of the Nugget menyuguhkan pengalaman menonton yang memikat dan memperkuat posisinya dalam dunia film animasi. Rating yang diperolehnya mencerminkan daya tarik film ini dan keberhasilannya dalam menyambungkan cerita yang dicintai oleh penggemar franchise Chicken Run.

10. Trolls Band Together

Trolls Band Together

Trolls Band Together berhasil memikat hati penggemar film animasi dengan meraih rating sebesar 6/10. Sebagai sekuel kedua dari franchise Trolls, film ini membawa penonton dalam petualangan yang penuh keceriaan, mengisahkan perjalanan seru Poppy dan Branch dalam misi penyelamatan Floyd, anggota Boyband bernama BroZone, yang menjadi korban penculikan.

Kisah ini tidak hanya tentang penyelamatan Floyd, melainkan juga tentang usaha Poppy dan Branch untuk menyatukan kembali Boyband yang telah lama bubar. Dalam perjalanan mereka, karakter-karakter Trolls menyuguhkan momen-momen kocak, kekonyolan, dan pesan-pesan positif yang dapat dinikmati oleh penonton dari berbagai kelompok usia.

Pentingnya elemen musik dalam film ini juga patut diperhatikan. Sebagai film yang berkisah tentang karakter-karakter Trolls, unsur musik menjadi inti dari cerita. Lagu-lagu yang dihadirkan dalam film ini tidak hanya menjadi pengiring, tetapi juga menjadi sarana untuk menyampaikan emosi dan pesan-pesan dalam cerita.

Kemampuan film ini untuk menggabungkan unsur humor, petualangan, dan musik membuatnya menjadi pilihan menarik bagi keluarga dan penggemar Trolls. Meskipun ratingnya mencapai 6/10, film ini tetap memberikan pengalaman yang menghibur dan ceria, sesuai dengan atmosfer yang diusung oleh franchise Trolls secara keseluruhan.

Sebagai bagian dari dunia Trolls yang penuh warna dan kegembiraan, Trolls Band Together berhasil menarik perhatian dengan menyajikan cerita yang menghibur dan mengajarkan nilai-nilai positif kepada penontonnya. Keberhasilannya dalam mempertahankan esensi keseruan Trolls menjadikannya kontribusi yang berharga dalam dunia film animasi.

Demikianlah, sejumlah film animasi di atas berhasil memberikan warna baru bagi dunia perfilman pada tahun 2023 dengan menyajikan kisah-kisah seru dan visual animasi yang mengagumkan. Keberhasilan film tersebut dalam meraih rating yang tinggi tidaklah mengherankan, mengingat dedikasi dan kreativitas yang ditanamkan dalam setiap produksi. Nah, film animasi favoritmu masuk daftar ini, gak?

Tertarik kuliah animasi? Yuk ke IDS | International Design School aja!

College BTEC

Mengapa harus kuliah animasi di IDS? Karana IDS memiliki Program Digital Animation & Games yang mengajarkan keterampilan kreatif dan teknis yang dibutuhkan dalam proses produksi animasi dan efek visual untuk industri film dan televisi. Selama program ini, mahasiswa akan menjalani pendidikan menyeluruh dalam berbagai tahap pembuatan animasi dan permainan, mulai dari konsepsi ide, pengembangan cerita, desain karakter, hingga kemampuan untuk menghasilkan karya-karya berstandar internasional.

Para mahasiswa akan memperoleh pemahaman mendalam tentang perangkat lunak yang menjadi standar industri dalam animasi dan game, termasuk Autodesk Maya dan Unreal Engine. Mereka juga akan menguasai perangkat lunak seperti Pixologic ZBrush untuk digital sculpting serta berbagai software Adobe seperti Substance, Photoshop, Illustrator, Premiere Pro, dan After Effects. Semua ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk sukses dalam industri yang sangat kompetitif ini dengan keterampilan yang relevan dan up-to-date.

Di IDS, mahasiswa akan diberikan pelajaran tentang keterampilan kreatif dan teknis yang diperlukan dalam produksi animasi dan efek visual untuk industri film dan televisi. Mahasiswa akan mengeksplorasi seluruh proses pembuatan animasi dan permainan, dimulai dari tahap ideation, pengembangan cerita, desain karakter, hingga kemampuan untuk menghasilkan karya dengan standar internasional yang tinggi. Selain itu, mereka akan mendalami penggunaan perangkat lunak industri utama seperti Autodesk Maya dan Unreal Engine. Program ini dirancang untuk menyiapkan profesional muda agar siap berkarir dalam industri yang dinamis dan kompetitif dalam animasi dan permainan.

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree