Blog

BAGIKAN

10 Kampus Terbaik Untuk Kuliah Jurusan Film di Luar Negeri

Jurusan film di luar negeri

Memiliki mimpi untuk memiliki karier di dunia perfilman membuat banyak orang ingin melanjutkan kuliah di jurusan film. Meskipun sudah banyak kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan film, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk para mahasiswa Indonesia merasakan kuliah jurusan film di luar negeri. Berikut beberapa kampus yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa di seluruh dunia untuk kuliah jurusan film di kampus mereka.

  • Columbia College Chicago

Columbia College Chicago

Terletak di Chicago, Columbia College memiliki lebih dari tujuh program yang dapat kamu pilih di jurusan film pada kampus ini. Kampus yang berada di Museum of Contemporary Photography, S Michigan Ave, Chicago ini memiliki dua pilihan gelar yaitu Bachelor of Arts bagi lulusan Filmmaking dan Bachelor of Fine Arts bagi para lulusan Cinema Art and Science

  • University of Southern California

University of Southern California

Dikenal sebagai salah satu universitas tertua di California, University of Southern California pernah dinobatkan sebagai College of The Year pada tahun 2000 oleh majalah Time dan Princeton Review. Jika kamu berkuliah di USC dan memilih divisi Produksi Film dan Televisi, kamu akan diajak untuk membuat konten menarik agar dapat dinikmati oleh para audiens dari berbagai macam perangkat. 

  • Le Femis, Prancis

Le Femis, Prancis

Salah satu kampus terbaik yang bisa kamu pilih jika mau kuliah jurusan film di luar negeri adalah Le Femis yang terletak di Prancis. Kampus ini berbasis di kota Paris dan merupakan anggota dari Paris Sciences & Letters Research University. Le Femis menawarkan program yang berisi integrasi antar seni, riset, serta pengembangan profesi dan pelatihan teknik. Dengan kualitas yang dimilikinya, saat ini Le Femis termasuk ke dalam kampus yang memiliki kualitas pengajaran yang maksimal dan berada di posisi teratas dalam menghasilkan alumni yang berkompeten dan ahli di bidangnya.

  • Leiden University, Belanda

Leiden University, Belanda

Terletak di negara Belanda, tepatnya di Rapenburg, Leiden, Leiden University merupakan salah satu universitas jurusan perfilman terbaik di dunia. Leiden University menawarkan Jurusan Film & Literary Studies, Film & Photographic Studies, serta Arts, Media, and Society yang dapat dipilih oleh para mahasiswanya.

Selain mempelajari dunia film, para mahasiswa di Leiden University diajarkan untuk mengenal lebih dalam mengenai dunia seni dan media agar dapat lebih siap menghadapi dunia kerja setelah lulus. 

  • Emerson College, Boston

Emerson College, Boston

Salah satu kampus dengan jurusan perfilman terbaik selanjutnya berada di Boston, Amerika Serikat. Emerson College menyediakan 13 program berbeda pada jurusan filmnya yang bisa dipilih oleh para mahasiswa. Selain itu, Emerson College pun memberikan kesempatan untuk magang di perusahaan besar seperti Fox, Warner Bros, dan The Colbert Report bagi para mahasiswanya.

  • New York University

New York University

Di dalam New York University terdapat Tisch School of the Arts yang menyediakan jurusan perfilman. Terkenal dengan program akting dan film, Tisch School of the Arts mengajak para mahasiswanya untuk mendalami seni peran dengan lebih dalam serta memberikan fasilitas lengkap yang bisa digunakan oleh para mahasiswanya. 

  • National Film and Television School, Inggris

National Film and Television School, Inggris

Jika Inggris merupakan negara tujuanmu untuk kuliah jurusan film di luar negeri, maka kamu bisa memilih National Film and Television School yang berlokasi di Beaconsfield Studios, Beaconsfield, Inggris. Kampus ini penang mendapatkan peringkat ke 15 dalam daftar Sekolah Film Internasional Teratas yang diberikan oleh The Hollywood Reporter 2021.

  • California State University

California State University

California State University terletak di Nordhoff St, Northridge, Amerika Serikat dan memiliki predikat sebagai salah satu kampus dengan jurusan perfilman terbaik. Jika kamu ingin berkuliah di sini, kamu dapat memilih 3 program jurusan film yang menggunakan teknologi dan laboratorium editing modern.

  • The University of Television & Film, Jerman

The University of Television & Film, Jerman

The University of Television & Film atau HFF Munich merupakan salah satu kampus terbaik dan terfavorit di Eropa. Di kampus ini, para mahasiswa akan belajar untuk mengenal dasar-dasar dunia film, ilmu bisnis, hingga ilmu media. 

  • Savannah College of Art and Design

Savannah College of Art and Design

Berbeda dengan kampus lain yang hanya terletak di satu negara, Savannah College of Art and Design terletak di beberapa negara seperti Savannah, Georgia; Atlanta, dan Lacoste, Prancis. Di kampus ini kamu akan belajar berbagai program seperti animasi, film, realitas visual, dan seni digital.

Tentu masih banyak lagi pilihan universitas bagi kamu yang ingin kuliah jurusan film di luar negeri. Jika kamu diberikan kesempatan memilih, kampus mana yang akan kamu pilih?

Kampus jurusan perfilman terbaik berikutnya datang dari negara Indonesia, yakni International Design School (IDS).

IDS menjadi salah satu sekolah film terbaik dengan lulusan-lulusan berkualitas skala internasional. Melalui program Digital Film and Media Production, mahasiswa akan dibimbing untuk memahami aspek manajemen dan bisnis dalam produksi serta distribusi film. Mahasiswa juga akan memproduksi sebuah film sebagai tugas akhir dengan dibimbing oleh praktisi film.  Perkuliahan disini hanya berlangsung selama 20 bulan dan nantinya mahasiswa bisa lanjut International Pathway untuk mendapatkan gelar Bachelor di Australia atau UK. Tertarik? Kamu bisa kunjungi website IDS di sini.

JOIN NOW!