Blog

BAGIKAN

Fakta Film Mencuri Raden Saleh, Kenapa Harus Dicuri?

Film Mencuri Raden Saleh

Video First Look  film Mencuri Raden Saleh telah dirilis Visinema Pictures 31 Mei kemarin. Mencuri Raden Saleh menceritakan aksi sekelompok mahasiswa yang ingin merampok lukisan bersejarah. Lukisan tersebut adalah Penangkapan Diponegoro karya Raden Saleh, yang bernilai lebih dari 15 M. 

Sekelompok mahasiswa tersebut adalah Piko, Ucup, Fella, Gofar, Sarah, dan Tuktuk. Ke-6 mahasiswa tersebut akan menggunakan berbagai cara untuk bisa mencuri lukisan sang pionir pelukis modern Indonesia. Untuk dapat melakukan aksi pencurian tentu bukanlah hal yang mudah, Piko dan kawan-kawan perlu menyiapkan trik khusus untuk menembus penjagaan Istana Presiden. Masing-masing orang pun mendapat tugas yang berbeda.

Film Mencuri Raden Saleh

Berikut Fakta dari Film Mencuri Raden Saleh:

  1. Bertabur Bintang Muda

Bercerita tentang sekelompok pemuda yang melakukan pencurian lukisan karya Raden Saleh, kelompok tersebut dimainkan sederet artis muda yang sedang naik daun. Iqbaal Ramadhan akan berperan sebagai Piko atau the Forger, Angga Aldi Yunanda berperan sebagai Ucup atau the Hacker, Rachel Amanda Aurora berperan sebagai Fella atau the Negiator, Umay Sahab berperan sebagai Gofar atau the Handyman, Aghniny Haque berperan sebagai Sarah atau the Brute, dan Ari Irham berperan sebagai Tuktuk atau the Driver.

  1. Iqbaal Belajar Melukis

Demi mendalami perannya sebagai mahasiswa seni rupa, mau tak mau Iqbaal harus mempelajari seni lukis langsung dari seniman. Ia pun mengaku kalau dirinya sempat ingin menyerah karena mengalami kesulitan saat belajar melukis. Selama dua hari Iqbaal mempelajari seni lukis pada Suharmanto dan Dedy Sufriadi di Yogyakarta. Namun, saat Workshop Iqbaal terobsesi untuk menciptakan lukisan sebagus dua pelukis andal tersebut, bukannya melakukan observasi lebih lanjut. Hal tersebutlah yang akhirnya membuat Iqbaal merasa stres.

  1. Bergenre Heist 

Heist adalah subgenre kriminal yang berfokus pada pencurian berskala besar yang melibatkan para pencuri profesional. Mencuri Raden Saleh dikabarkan akan memiliki genre Heist. Melalui cuplikan video First Look yang dibagikan melalui kanal youtube Visinema Picture, terlihat Iqbaal yang melakukan aksi besar-besaran dengan mencoba mencuri lukisan ‘Penangkapan Diponegoro’. Dalam melakukan pencurian dibutuhkan rencana dan eksekusi yang tertata dan cerdik. Di Indonesia sendiri film The Professionals tercatat sebagai film bergenre Heist yang pertama kali dibuat. 

  1. Inspirasi Film Mencuri Raden Saleh

Angga Dwimas Sasongko mengaku bahwa film ini terinspirasi ketika dirinya dan seorang mengunjungi keraton. Melihat sebuah lukisan Raden Saleh yang minim penjagaan dan tertelah di ruangan yang kurang aman, Angga kemudian terinspirasi untuk membuat film tentang pencurian lukisan Raden Saleh. Ia pun mulai mencari tahu lebih dalam mengenai sosok Raden Saleh melalui buku dan pameran Raden Saleh yang diadakan di Singapura.

  1. Menuai Respon Positif

Kehadiran film Mencuri Raden Saleh sejauh ini menarik antusiasme dari masyarakat. Mereka bersemangat dengan munculnya film Mencuri Raden Saleh, selain karena berisi bintang muda yang sedang bersinar, juga karena pemilihan genre film yang jarang diusung di perfilman Indonesia. Aksi Piko, Ucup, Aurora, Gofar, Sarah, dan Tuktuk sepertinya telah membuat banyak orang penasaran akan kelanjutan taktik apa saja yang akan dilakukan Piko dkk nanti. 

Film karya Sutradara Angga Dwimas Sasongko ini dijadwalkan tayang pada 25 Agustus 2022. Sampai saat ini, belum ada alasan yang jelas kenapa Piko dkk memutuskan untuk mencuri lukisan karya Raden Saleh, hal tersebut sepertinya menjadi alasan yang pas untuk menonton film Mencuri Raden Saleh. 

Film Mencuri Raden Saleh