Blog

BAGIKAN

Film Qorin: Mengangkat Kisah Urban Legend di Indonesia

Film Qorin

Film Qorin adalah salah satu film genre Horor Religi yang tayang di Bioskop pada tanggal 1 Desember 2022 kemarin. Film yang disutradarai oleh Ginanti Rona ini sendiri memberikan sentuhan yang berbeda pada film horor yang biasanya.

Dimana film ini mengangkat salah satu urban legend di Indonesia yaitu Jin Qorin. Jin Qorin merupakan makhluk gaib yang diciptakan Allah SWT untuk mengikuti dan mendampingi setiap manusia. Jin ini sudah ada dan selalu menyertai manusia sejak lahir dan memiliki sifat maupun kebiasaan yang sama persis dengan orang tersebut. 

Dalam ajaran Islam, Jin Qorin dipercayai sebagai jin yang bertugas menjerumuskan manusia untuk berbuat jahat. Walaupun telah bersama sejak lahir, tapi jin ini akan tetap menjerumuskan manusia ke jalan yang tidak benar.

Jika kamu belum menonton, Film ini menggambarkan sekilas alur cerita mencekam yang mungkin pernah kamu temui di sekitarmu. Elemen-elemen horor yang segar juga dihadirkan, bahkan dari lagu permainan anak-anak yang dalam film ini digubah nuansanya menjadi menakutkan dan mistis.

Menceritakan tentang kehidupan para siswi pesantren yang mengalami gangguan teror yang berasal dari jin Qorin. Berawal dari keisengan salah satu santri yang bernama. Yolanda yang terkenal nakal mengajak teman-temannya untuk melakukan ritual pemanggilan Qorin. 

Sejak kejadian itu, hal hal mistis sering terjadi disekitar mereka. Dan orang orang yang mengikuti ritual tersebut kerap merasakan teror oleh jin Qorin yang menyerupai wajah mereka serta terkadang melakukan hal diluar nalar. 

Untuk durasi, film ini termasuk film yang tidak terlalu lama, hanya sekitar 108 menit saja. Dan jika dilihat dari website filmindonesia or.id, film Qorin ini termasuk kedalam 15 besar dan urutan ke 13 film Indonesia yang banyak disaksikan pada tahun 2022 dengan meraih jumlah penonton sebanyak 1.033.039.

Sinopsis Film Qorin 

Film Qorin ini sendiri menceritakan tentang Jin yang mengganggu manusia. Jin Qorin adalah jin yang sudah ada bersama manusia sejak mereka dilahirkan. 

Kisah berawal dari seorang santri kelas tiga madrasah Aliyah yang bernama Zahra Qurotun Aini yang merupakan seorang santri yang berprestasi dan cerdas serta patuh dan taat terhadap perintah guru sehingga dikenal dan menjadi teladan bagi santri-santri di pesantren.

Suatu hari ini diperintah oleh ustad Jaelani untuk menjaga seorang santri baru yang dikenal sebagai sumber masalah bernama Yolanda. Karena Zahra adalah santri yang berprestasi dan ambisius, ia menerima perintah tersebut. 

Yolanda yang nakal akhirnya meminta teman temannya untuk melakukan suatu ritual untuk memanggil Jin Qorin. Alih-alih ketakutan, Zahra justru makin terdorong melaksanakan ritual pemanggilan tersebut agar mendapatkan nilai tambahan dari Ustad Jaelani. 

Sebagai seorang istri, Umi Hana, mulai curiga dengan gelagat aneh suaminya, terutama pada benda-benda yang disimpan rapi oleh beliau. Dan ternyata benda-benda tersebut masih ada kaitannya dengan ritual pemanggilan qorin yang ditugaskan kepada Zahra.

Sejak melakukan ritual tersebut, satu persatu teror pun terjadi pun terjadi. Tak hanya Zahra, bahkan satu pesantren juga mulai terkena imbas dari ritual sesat yang dilakukan Zahra dan teman-temannya.

Sejak saat itu jin Qorin telah mengambil alih kehidupan para santri dan membuatnya melakukan hal-hal yang dilarang.

Film Qorin

Daftar Pemain 

Selain alur cerita nya yang menyinggung salah satu Urban Legend di Indonesia, kesuksesan film ini tentunya tidak terlepas dari akting para pemainnya. Walaupun tidak semua nya merupakan aktor kenamaan, namun aktor pendatang baru juga memiliki akting yang bagus dan memikat. 

Berikut Ini Daftar Pemain Dari Film Qorin:

  1. Aghniny Haque sebagai Yolanda
  2. Yusuf Mahardika sebagai Yafi
  3. Zulfa Maharani sebagai Zahra
  4. Dea Annisa sebagai Umi Hana
  5. Putri Ayudya sebagai Umi Yana
  6. Naimma Aljufri sebagai Gendhis
  7. Omar Daniel sebagai Ustadz Zainal 
  8. Cindy Nirmala Sebagai Ica
  9. Alisya Abidin Sebagai Sri
  10. Timothy sebagai Kyai Mustafa 

Nah, itulah sinopsis film Qorin yang bisa kamu saksikan. Film horor memang memiliki daya tarik nya sendiri. Untuk kamu yang ingin mencoba membuat film horor dan menjadi filmmaker, tapi bingung harus mulai dari mana? Tenang, di IDS | International Design School menyediakan Sekolah Film yang bisa membantu mewujudkan impianmu. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek website kita, ya!

Sumber: Film Qorin: Mengangkat Kisah Urban Legend di Indonesia

JOIN NOW!