Blog

BAGIKAN

Tengok Remake Film Miracle In Cell No.7 Dari Berbagai Negara – Sudah Nonton Versi Indonesia?

Miracle in Cell No.7

Film Miracle in Cell No.7 merupakan salah satu film terkenal asal Korea Selatan. Film ini rilis pada tanggal 23 Januari 2013 dan telah menyabet banyak penghargaan di negara asalnya.

Miracle in Cell No.7 mengisahkan hubungan ayah-anak bernama Yong-gu (Ryu Seung-ryong) dan Yesung (Kal So-Won/Park Shin-hye).

Yong-gu merupakan seorang ayah dengan keterbelakangan mental. Meski begitu ia sangat menyayangi putrinya Yesung. Berdua, mereka hidup damai dan bahagia.

Satu insiden merengut kedamaian hidup mereka. Yong-gu tiba-tiba ditangkap dengan tuduhan memperkosa dan membunuh seorang anak komisaris jenderal kepolisian. Ia terancam hukuman mati.

Film Miracle in Cell No.7 menampilkan kilas balik kehidupan Yong-gu dan Ye-sung hingga Yesung tumbuh dewasa dan membuktikan bahwa ayahnya tidak bersalah.

Film Miracle in Cell No.7 merupakan film yang diangkat dari kisah nyata seorang pria penyandang disabilitas intelektual bernama Jeong Won-seop yang meninggal pada usia 87 tahun karena dituduh memperkosa gadis sekolah dasar.

Keharuan film Miracle in Cell No.7 ini pun mengundang sineas di negara lain untuk membuat versi di negaranya.Kamu mungkin sudah tahu, karena film Miracle in Cell No.7 versi Indonesia telah rilis pada 8 Agustus 2022 kemarin.

Ternyata Indonesia bukan satu-satunya negara yang telah me-remake film hari ini. Sudah ada beberapa negara yang telah me-remake film ini dan mendapatkan kesuksesan yang tidak berbeda dari versi aslinya.

India (2017)

India memiliki film dengan alur sama berjudul Pushpaka Vimana. Namun sutradara S. Ravindranath menolak Pushpaka Vimana sebagai film remake dari Miracle in Cell No.7, melainkan film yang terinspirasi darinya bersama 3 film lain, yakni Life is Beautiful, I am Sam, dan Pursuit of Happiness.

Film telah rilis pada 6 Januari 2017 lau dan menggunakan bahasa lokal India, yakni bahasa Kannada. Film ini dibintangi oleh Ramesh Aravind yang memerankan sosok ayah. Film Pushpaka Vimana merupakan film Kannadanya yang ke-100.

Turki (2019)

Miracle in Cell No.7 versi Turki merupakan salah satu versi remake resmi yang terbilang sukses. Disutradarai oleh Mehmet Ada Öztekin, remake film Miracle in Cell No. 7 versi Turki ini menyabet penghargaan sebagai Best Movie dalam Turkey Youth Award 2020.

Remake film ini dapat kamu tonton dengan judul Koğuştaki Mucize atau Yedinci Koğuştaki Mucize. Film ini bisa kamu jadikan alternatif ending yang bahagia. Dalam Miracle in Cell No.7 sang ayah tidak mati. Ayah dan anak perempuannya pun kembali bertemu di luar penjara.

Filipina (2019)

Miracle in Cell No.7 versi Filipina rilis ditahun yang sama dengan versi Turki. Namun versi Filipina dirilis spesial tepat pada hari Natal di tahun 2019. Remake film Miracle in Cell No. 7 versi Filipina ini disutradarai oleh Nuel Crisostomo Naval dan mendapat rating 7.5/10 dari 1.288 voters di IMDb.

Perbedaan remake versi Filipina ini adalah tipe selnya. Di Korea tipe sel yang digunakan adalah pintu besi yang tertutup. Berbeda dengan Filipina yang menggunakan sel jeruji besi yang terbuka. Tokoh utama, yakni si anak perempuan disembunyikan di bawah kasur yang ditutupi oleh kain gorden.

Miracle in Cell No.7

Indonesia (2022)

Masih panas diperbincangkan, adalah remake film Miracle in Cell No. 7 versi Indonesia. Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dengan menggaet Vino G. Bastian sebagai sosok ayah.

Secara keseluruhan, film Miracle in Cell No. 7 versi Indonesia ini tidak memiliki banyak perbedaan dengan versi aslinya, karena masih memiliki budaya yang sama, yakni budaya asia.

Perbedaan hanya terdapat dalam sistem hukum yang digunakannya. Karena Indonesia memiliki sistem hukum yang berbeda dengan Korea Selatan sedangkan menggunakan sistem hukum Indonesia terlalu riskan dan berbahaya, maka film Miracle in Cell No. 7 memiliki sistem hukumnya sendiri.

Spanyol (soon)

Remake film Miracle in Cell No.7 akan diramaikan oleh versi Spanyol. Perusahaan produksi Rock and Ruz disebut telah menandatangani kontrak hak remake dengan tim Miracle in Cell No.7.Mario Casas akan menjadi aktor utama dalam film tersebut.

Film ini telah digarap pada akhir tahun 2021 lalu. Namun saluran distribusi mengenai film ini masih belum diketahui perilisannya.

Jadi, kamu sudah menonton remake film Miracle in No. 7 yang mana, nih?

Mau belajar bikin film sendiri? Tertarik dengan dunia film? IDS menyediakan Sekolah Film! Kamu bisa wujudkan impian kamu menjadi Filmmaker hanya di International Design School!

JOIN NOW!

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry