Blog

BAGIKAN

3 Contoh Sinopsis Film Pendek Karya Anak Bangsa

Deskripsi singkat sebuah atau biasa dikenal dengan sinopsis film pendek adalah elemen penting dalam pemasaran film. Setelah proses produksi film selesai, langkah berikutnya adalah mempromosikannya agar dapat menarik penonton yang lebih banyak. Oleh karena itu, sinopsis film memegang peran kunci dalam mempengaruhi rasa penasaran penonton dan menentukan apakah mereka akan menonton film tersebut.

Biasanya, sinopsis film pendek terdiri dari satu hingga tiga paragraf yang merangkum isi film, termasuk premis cerita dan konflik utamanya. Penulisan sinopsis tidak boleh diabaikan, bahkan untuk film pendek, karena hal ini merupakan bagian integral dari strategi promosi. Ini berlaku tidak hanya untuk film panjang tetapi juga untuk produksi film pendek.

Berikut ini, kami akan memberikan tiga contoh sinopsis film pendek dari Indonesia yang dapat memberikan gambaran tentang berbagai jenis cerita yang dapat ditemui dalam film pendek.

Sinopsis Film ‘Mata Bintang’

Bintang, seorang pemuda yang merasa lelah dengan rutinitas perkotaan, memutuskan untuk pulang ke desanya untuk merenggangkan diri. Selama kunjungannya, Bintang berharap untuk bertemu kembali dengan sahabat lamanya, Ferry, yang sangat dirindukannya sejak kecil.

Namun, selain Ferry, Bintang juga memiliki sosok lain yang sangat ia cintai di desa, yaitu Devi. Devi, tanpa pengetahuannya, pernah menerima donor kornea mata dari Bintang. Ketika Bintang bertemu kembali dengan Devi di desa, ia merasa senang. Namun, ia terkejut ketika Devi bersikap sangat dingin dan tidak seperti dulu.

Kesedihan melanda Bintang, dan ia memutuskan untuk kembali ke kota. Devi menyadari kesalahannya terlambat dan berusaha mengejar Bintang. Sayangnya, Bintang telah pergi untuk menjenguk ibunya yang sedang sakit.

Kisah ini menggambarkan perjalanan Bintang yang ingin mencari kenyamanan dan mengejar kenangan masa kecilnya, tetapi akhirnya harus menghadapi perubahan yang tak terduga dalam hubungannya dengan Devi.

Sinopsis Film ‘Beda Warna’

Evan dan Andi, dua sahabat yang menyukai kopi, sering menghabiskan waktu bersama saat remaja dengan minum kopi. Aktivitas ini menjadi rutinitas tak terpisahkan dalam kehidupan mereka. Mereka menjelajahi semua kedai kopi di kota mereka. Namun, saat Evan harus pergi ke luar negeri untuk kuliah, kebersamaan mereka harus terputus.

Meskipun berada di luar negeri, Evan tetap menjalani kebiasaan minum kopi sebagai cara untuk mengenang momen indah bersama Andi selain sekadar kecintaannya pada kopi. Tanpa Evan sadari, Andi ternyata mengidap penyakit yang mengharuskannya untuk tidak mengonsumsi kopi.

Ketika Evan akhirnya kembali, ia mengajak Andi untuk pergi minum kopi bersama, tanpa mengetahui kondisi sebenarnya. Namun, Andi menolak tawaran tersebut. Reaksi ini membuat Evan merasa tersinggung dan marah, yang kemudian memicu pertengkaran mereka. Akhirnya, Andi menjelaskan alasan di balik penolakannya, dan Evan pun akhirnya memahami situasinya.

Kisah ini menggambarkan ketidaktahuan Evan tentang kondisi Andi dan bagaimana komunikasi yang kurang menyebabkan salah paham dan konflik.

Sinopsis Film ‘Sekolahku’

Andi adalah seorang remaja yang sangat bersemangat dalam mengejar pendidikan. Ia memiliki impian besar untuk mencapai kesuksesan di masa depan dan tahu bahwa hal tersebut memerlukan pengorbanan dan upaya ekstra dalam bidang pendidikan. Andi ingin melebihi pencapaian ayahnya, yang sebelumnya hanya seorang buruh tani. Setiap hari, Andi melihat teman-teman sebayanya pergi ke sekolah dengan pakaian seragam dan sepatu, dan ia sangat ingin memiliki kesempatan yang sama. Namun, keterbatasan ekonomi keluarganya membuatnya kesulitan. Ayahnya yang bekerja sebagai buruh tani tidak dapat membiayai pendidikan Andi.

Andi tinggal bersama ibunya yang sedang sakit dan lemah di rumah. Meskipun cita-cita pendidikannya terhambat ketika ia harus menggunakan uang tabungannya untuk biaya pengobatan ibunya, Andi adalah sosok yang kuat dan pantang menyerah. Ia memutuskan untuk membaca buku bekas yang dia pinjam dari tetangga di tengah waktu istirahat saat bekerja di sawah.

Suatu hari, seorang pejabat daerah berkunjung ke desa Andi. Setelah berbincang dengan petani dan melihat kondisi sawah, Andi memberanikan diri untuk berbicara dan berbagi impian serta keinginannya untuk bersekolah lebih tinggi. Pejabat tersebut terkesan dengan bakat matematika Andi dan memutuskan untuk menyekolahkannya di sekolah bergengsi di perkotaan. Andi sangat senang dengan tawaran ini, tetapi menghadapi dilema karena harus meninggalkan ibunya yang sakit. Meskipun demikian, Andi bertekad untuk menemukan solusi yang tepat untuk situasinya.

Itulah beberapa contoh sinopsis film pendek dari dalam negeri yang sebaiknya kamu ketahui. Sinopsis harus disusun dengan cermat agar dapat memikat minat calon penonton. Oleh karena itu, cerita dalam film juga harus memiliki karakter dan daya tarik yang kuat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendalami dan memahami proses pembuatan film dengan benar agar dapat membuat sinopsis yang efektif.

Apakah kamu tertarik untuk mengejar karier di industri film? Jika ya, IDS | International Design School adalah tempat yang tepat untuk belajar tentang dunia perfilman!

banner college

Mengapa harus memilih IDS sebagai tempat kuliah film? IDS menawarkan Program Digital Film & Media Production yang dirancang untuk memberikan mahasiswa keterampilan teknis dan pemahaman estetika yang diperlukan dalam menciptakan berbagai jenis film dan konten media. Program ini mencakup seluruh tahapan produksi film, mulai dari pengembangan cerita, penulisan skenario, dan pembuatan storyboard hingga produksi akhir film. Selain itu, mahasiswa akan mendapatkan wawasan mendalam tentang proses produksi yang mencakup penyutradaraan, manajemen produksi, sinematografi, desain artistik, tata suara, akting, dan penyuntingan. Selain itu, mereka juga akan diajarkan tentang aspek manajemen dan bisnis konten dari sudut pandang pemasaran dan distribusi.

IDS memiliki semua yang kamu butuhkan untuk mengejar karier yang sukses di dunia perfilman. Jadi, jika kamu memiliki hasrat untuk berkarya di dunia film, IDS adalah tempat yang tepat untuk memulai perjalanan kamu dalam industri ini.

JOIN NOW!

Fast Track to International Degree