Blog

BAGIKAN

5 Software Editing Film Populer Yang Digunakan Filmmaker

Software Editing Film

Untuk kamu yang tertarik dengan dunia film dan ingin tau cara membuat film itu seperti apa, ada baiknya jika kamu mengetahui dulu nih software editing film apa aja sih yang biasa digunakan dalam membuat film itu sendiri.

Untuk menentukan kualitas produk akhir dari film yang kamu buat, ada baiknya jika kamu memilih perangkat lunak atau software editing film yang tepat menjadi keputusan yang penting ketika akan melakukan proses film dan video editing. Berikut 5 software editing film yang paling populer digunakan saat ini dalam proses editing film dan video.

Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro

Software ini digunakan untuk membuat beberapa film terkenal dan acara TV. Software editing film ini termasuk ke dalam jenis software yang mampu membuat film profesional. Dan jenis software ini dikembangkan oleh Adobe Systems. Oleh karena itu, software ini mudah digunakan oleh Adobe yang lain untuk pembuatan film platform saat mengedit film dan untuk mengekspor produk akhir untuk software Abode lainnya. Versi pertama dari software Abode Premiere ini dirilis pada tahun 1991, dan versi terbarunya dari sang pembuat film keluar pada bulan Juni 2015 untuk mendukung sejumlah besar format file yang ada dan memungkinkan editor video untuk menggunakan efek visual dari sebelumnya, termasuk tampilan Color Workspace yang baru, Morph Cut, dll.

Avid Media Composer

Avid Media Composer

Jenis software ini bisa dikatakan sebagai software pembuat film yang paling umum di industri film dan TV. Software ini pertama kali dirilis pada tahun 1989, editor non linier ini memungkinkan terjadinya integrasi hardware antara perusahaan lain dalam alur kerjanya. Software dalam versi kotak ini berisi perangkat lunak dari pihak ketiga seperti perangkat lunak kompresi Sorenson Squeeze dan penciptaan musik di software Fine Pro 5.

Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro

Software ini dioperasikan pada Microsoft Windows, pembuat film Sony, memungkinkan melakukan editing audio terbatas dab track video, serta editing 3D stereoscopic dan editing multi-kamera. Software ini juga mendukung berbagai format file dan juga menawarkan jasa Titler Pro, yang memungkinkan para pengguna untuk menambahkan efek khusus dan animasi untuk gelar mereka. Software versi barunya adalah Vegas Pro 13, diklaim memiliki alur kerja yang lebih cepat dari sebelumnya.

Final Cut Pro

Final Cut Pro

Software editing film ini pertama kali dirilis pada tahun 1999, pembuat film dari Apple menempatkan software ini pada sebuah Media Composer populer. Final Cut Pro memungkinkan untuk melakukan pengeditan dalam format Quick Time kompatibel dan dapat diintegrasikan dengan produk Apple lainnya. Final Cut Pro juga menawarkan filter dan transisi video yang banyak yang dapat mendukung pekerjaan dengan beberapa video dan audio trek yang memungkinkan mengkombinasi video lebih dari satu kamera.

Windows Movie Maker

Windows Movie Maker

Pembuat film Microsoft ini menawarkan layanan pengeditan dasar untuk para pengguna Windows dengan keuntungan bahwa software ini bisa di download secara gratis. Meskipun software ini bukan software pembuat film profesional, namun software ini memungkinkan untuk para pembuat film amatir dengan mudah untuk melakukan edit rekaman, menambahkan transisi dan soundtrack, dan sekali video yang sedang dilakukan – bisa diperoleh secara online di Facebook atau YouTube. Software ini juga memungkinkan para pengguna untuk membuat slide dari foto para pengguna.

Bila kamu ingin menguasai bagaimana melakukan editing film dengan aplikasi-aplikasi tersebut, kamu bisa ikuti College Program Digital Film and Media Production di IDS | International Design School. Dengan penguasaan aplikasi yang tepat akan membuat karya film kamu menjadi lebih baik dan menarik. Yuk segera daftarkan dirimu!

Kamu punya passion di bidang film dan ingin meningkatkan skill kamu di aplikasi editing film? Gabung dengan program Film Foundation di IDS untuk melengkapi skill film making kamu. Klik di sini!
Sumber: jalantikus.com

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree