Blog

BAGIKAN

Mengenal Perkembangan Komik Webtoon di Indonesia

webtoon

Pecinta komik pasti tidak asing dengan Webtoon, komik digital yang berasal dari Korea Selatan. Platform ini menawarkan berbagai macam komik digital yang dapat kamu baca secara gratis. Webtoon juga memiliki berbagai macam fitur dan layanan yang membuat komik lebih menarik, mudah diakses, dan berguna untuk para pembaca.

Berkat beberapa kelebihan di atas, Webtoon telah menjadi salah satu platform digital terkemuka di dunia dan telah menjadi salah satu sumber komik yang paling populer di seluruh dunia, lho. Nah, penasaran lebih lanjut tentang perkembangan Webtoon di Indonesia? Simak artikel ini sampai habis!

Apa itu Webtoon?

komik digital

Webtoon didirikan oleh Kim Jun Koo pada 2004, di tengah padamnya industri komik di Korea Selatan. Lantas dia memiliki keyakinan bahwa komik digital akan mendapat respon baik karena pengguna sudah terbiasa menggulir halaman web melalui ponsel.

Webtoon sebenarnya sama dengan buku komik yang biasa kita baca, tapi bedanya ini dirilisnya secara online. Komik digital ini memang menarik banyak peminat karena fleksibilitasnya yang dapat dibaca dimana saja dan kapan saja.

Kini, Webtoon telah menjadi fenomena global dengan jutaan pembaca di seluruh dunia. Hal ini juga berdampak pada industri kreatif di Indonesia, dimana semakin banyak pengarang dan ilustrator yang memanfaatkan teknologi ini untuk menghasilkan karya-karya yang berkualitas.

Perkembangan Webtoon di Indonesia

komikus

Di Indonesia, platform komik digital mulai muncul pada tahun 2010, namun beberapa situs asal tanah air tersebut sudah banyak yang tidak aktif. Lalu, hadirlah LINE Webtoon pada tahun 2015 dan saat ini pengguna aktif LINE Webtoon sudah mencapai 6 juta. Inilah kenapa Indonesia menjadi pasar terbesar komik digitalnya.

Selain itu, Kakao webtoon juga sudah merambah ke Indonesia. Menggunakan fitur IPX atau IP Experience, platform ini menawarkan pengalaman baru dalam membaca komik digital. Dengan karakter yang bergerak 3 dimensi, membaca komik akan terasa lebih seru dan nyata. Platform ini resmi diluncurkan pada 27 April 2022 dengan ratusan judul populer di Korea turut hadir di dalamnya.

Penyebab Webtoon Sangat Populer di Indonesia

komik

Saat ini, Webtoon menjadi salah satu tren yang tengah populer di kalangan generasi muda. Kira-kira apa ya yang membuat mereka menjadi begitu populer? Ini dia beberapa alasannya!

  1. Mudah untuk diakses

Faktor lain yang menyebabkan popularitas webtoon menjadi begitu populer adalah aksesnya yang mudah. Perkembangan media digital seperti smartphone, laptop, atau PC telah membuatnya lebih nyaman untuk diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.

  1. Bisa dibaca secara gratis

Beberapa cerita Webtoon bisa kamu baca secara gratis, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk sekedar membaca komik. Menarik kan, kamu bisa membaca komik di mana saja dan kapan saja secara cuma-cuma.

  1. Sebagai platform berkarya para komikus

Membuat komik baru sebagai Webtoon lebih mudah dan bisa lebih cepat populer daripada sebagai komik konvensional. Di platform LINE Webtoon memiliki layanan bernama Canvas tempat kreator bisa menerbitkan karyanya. Sistem ini mirip dengan media populer lain, seperti YouTube. Jadi, lebih independen dan tidak melewati prosedur yang rumit.

Sistem seperti ini membuka kesempatan lebar-lebar bagi mereka yang ingin menjadi komikus. Mereka bisa lebih fokus dengan konten, baik cerita maupun gambar. Karena bentuknya digital, mereka juga bisa lebih mudah mempromosikan karya mereka.

Wah, ternyata perkembangan Webtoon di Indonesia ternyata sangat pesat ya. Ini juga bisa jadi peluang karir jika kamu tertarik dengan dunia ilustrasi, lho. Tertarik? Untuk memperdalam ilmu sebagai komikus kamu bisa mengikuti program Digital Design & Illustration di IDS.

College Program

Step by Step to Become a Product Designer